Minggu, 12 April 2015

Kucing ini Sedang Menuruni Tangga atau Menaiki Tangga! PERSETAN! gue punya lebih banyak gambar-gambar ilusi kayak gini (Ambiguous Illusion)

Masih ingat artikel kemarin yang membahas tentang gaun putih emas atau biru hitam? Yup jawaban yang paling benar adalah yang putih emas. Bagi yang belum tahu, silahkan bisa di baca pada link di bawah artikel. Nah sekarang, ada kehebohan lagi, yaitu tentang gambar kucing yang berjalan di tangga. Yang menjadi kehebohannya adalah persepsi orang tersebut. Hah?? bagi yang belum tahu gambar kucing dan tangga, ini saya tampilkan gambarnya.
kucing-ini-naik-tangga-atau-turun-tangga_www.dadanpurnama.com_
Anda sudah bisa menebak kucing ini sedang menaiki tangga atau menuruni tangga?
Pertama kali saya melihat gambar ini di beranda faceb
ook, pada sebuah iklan kiriman bersponsor facebook. Namun saya abaikan, kenapa? Karena sudah 3 hari saya melihat iklan itu berasal dari tiga buah fanpage yang berbeda, namun punya link/tautan yang sama, yaitu helo per dot kom. Situs itu beriklan dengan berita kadaluarsa dan dibesar-besarkan. Saya tidak suka dengan berita/kabar dengan judul yang fantastis dengan kata lain terlalu dibesar-besarkan dan isinya menipu. (meskipun saya melakukanya tapi saya tidak menipu pembaca,,,hahaha)

Hal ini membuat orang (tanpa pengetahuan) yang membaca judulnya mengambil dua tindakan. Yang pertama, hanya membaca judulnya saja lalu menyimpannya di otak. Kedua membaca lebih lanjut artikelnya, lalu puas dan menyimpan di otaknya . Contoh judul yang fantastis : Batere yang baru harus di isi dulu sampai penuh sebelum digunakan – atau –  HP tidak boleh dipakai sewaktu di isi ulang. Heboh banget kan??? Namun faktanya itu adalah berita lama/out of date/expired/Kadaluarsa! Ya itu memang benar saat batere hp masih memakai unsur nikel. Namun sekarang, baterai hape sudah memakai lithium. dst dsb skip skip skip.

Saya bilang tadi persepsi orang yang melihat. Ya, bagi yang punya peliharaan kucing atau melihat kucing teterekelan dan mempunyai tangga di rumahnya , hal ini mudah dijawab. Tapi bagaimana jika orang yang melihat gambar ini tidak memiliki 2 komponen tersebut? Maka (pemikiran) orang tersebut akan menambahkan variabel yang (mungkin) tak sesuai dengan kenyataan. Yah inilah konsep Ilusi. Bukan hanya tentang ilusi mata, ilusi pendengaran, dan ilusi dari penginderaan yang lain. Yang paling sadis dari semua ilusi penginderaan adalah ilusi hati. Saya berpikir dia menyukai saya tapi nyatanya adalah tidak. Suci Lestari

Pertama saya beri tahu dahulu bahasa tubuh kucing. Senyum berpikir#eh gak jadi terlalu out of topic. Langsung aja saya jawab :

Foto kucing ini diambil saat kucing turun menuruni tangga

Lalu di-edit sedemikian rupa sehingga tercipta ilusi mata kategori gambar ambigu. Beberapa fakta tentang kucing (normal) dan tangga, yaitu :
  1. Saat kecil, kucing masih takut ketinggian, sehingga takur ketika menuruni tangga
  2. Kucing dewasa kalau loncat ke bawah selalu menaikkan ekornya dan kalau loncat ke atas selalu menurunkan ekornya
  3. Kucing dewasa kalau turun dari apapun selalu menurunkan ekornya, dan kalau naik menuju apapun selalu mengangkat ekornya
  4. Kucing mempunyai sistem altitudo/altitude, contohnya saat akan turun dari ketinggian atau meloncati lubang, kucing seperti mengendus. Yang terjadi adalah kucing sedang menggunakan sistem sonar  yang ada pada kumisnya untuk mendeteksi ketinggiannya.Senyum kutu buku
  5. Pada saat yang tidak dikehendaki pun, misalnya saat kucing jatuhWajah menangis ataupun dilemparNaik pitam, kucing mempunyai sensor velocity sehingga akan segera mengubah posisi tubuhnya agar mendarat dengan selamat menggunakan telapak kakinya yang empuk. Senyum kutu buku
  6. Anak tangga kayu mempunyai pijakan yang lebih panjang daripada penopangnya.ekor-kucing-saat-naik-turun-loncat
desain-tangga-rumah-kayu-tradisional 
Bagi yang belum puas, ini ada satu animasi gif kucing meloncat dan turun
Foto-animasi-kucing-menangkap-dan-loncat
Terlihat saat meloncat, kucing menurunkan ekornya dan saat turun kucing menaikkan ekornya.
whiskes_cat_ads_ambiguous-illision_www.dadanpurnama.com
Masih belum puas juga???? Fakta tentang kucing di atas juga dialami oleh ANJING Tertawa kerasCAPLOCK RUSAAAKKKKKK hehehe… dan juga hewan berekor lainnya. Bagi yang belum puas juga dan yang tidak memungkinkan untuk melihat langsung kucing yang menaiki atau menuruni tangga, Anda bisa melihat videonya di youtube. Silahkan gunakan kata kunci pencarian berbahasa Indonesia ataupun searching keywords in english. Banyak kok videonya.
Bagi yang menjawab menaiki tangga, saya yakin orang tersebut belum pernah melihat kucing yang berjalan naik/turun/loncat. Namun ada variabel lain yang tersimpan di otak (alam bawah sadar) yang saling dihubung-hubungkan untuk menguatkan pendapatnya. Jika sudah sampai pada suatu pendapat, apalagi orang tersebut fanatik, maka kenyataan/fakta apapun (mungkin) tidak akan bisa menggoyahkan pendapat orang itu. Contohnya ya yang menjawab kucing ini menuruni tangga, atau yang lebih expert dalam berpendapat butuh fakta dan logika dan pengalaman langsung adalah para penganut skeptisisme.
 optical-illision_www.dadanpurnama.com_27
Kembali ke gambar kucing ini, saya akui saya baru melihat gambar kucing ini beberapa hari yang lalu. Namun tahun 2015, saya perkirakan kucing ini booming pada Maret 2015 menggantikan gaun biru hitam dan putih emas pada Februari 2015 lalu. Lalu sampailah gambar kucing ini ke mata orang Indonesia dan booming April 2015. 

Saya berusaha mencari gambar yang belum diedit (saya masih berpikir gambar ini disunting, di-crop misalnya) namun saya belum menemukannya. Saya malah mendapatkan fakta bahwa kucing ini telah booming pada tahun 2011-2012 yang lalu! Saya menemukan laman situs ini, terlihat dengan judul The Internet Cant Decide if This Cat Is Going Up or Down the Stairs yang di-unggah pada tanggal 1 Januari 2012!.
www.fay3.com This Cat Is Going Up or Down the Stairs www.dadanpurnama.com_
www.fay3.com/i2990424
Dari sini, saya tidak menemukan apapun lagi. Hanya laman di atas-lah yang saya temui sudah lama mengunggah foto ini.  Ini agak aneh, soalnya gambar dari situs itu sudah ada tanda airnya. Sedangkan gambar yang beredar sekarang tapa watermark dan berukuran lebih kecil/resolusi rendah. Saya tidak tahu apa keyword yang saya cari salah, atau foto-fotonya sudah dihapus. Terbatas pada kuota saya, saya akhiri saja pencarian itu.

Oh ya, tadi saya bilang gambar ini adalah gambar ilusi kategori ambigu. Benar Lebih tepatnya view point ambiguous illusion, anjir salah, Ambiguous Depth Illusion. Ilusi ambigu bisa terjadi karena perbedaaan sudut pandang, perbedaan cara pandang dan ketidaktahuan fakta yang sebenarnya.
Saya selalu tertarik dengan ilusi terutama ilusi mata, ribuan data sudah saya koleksi namun tak kunjung selesai, kenapa? karena gambar ilusi selain banyak tipe dan kategorinya, ilusi juga bisa dibuat dengan sengaja. Bahkan oleh balita sekalipun! 

Benarkah? Buktikan sekarang
Gambarlah sebuah garis agak panjang namun miring, dan tandai A dan B pada ujung dan pangkalnya,  misalnya :
ambiguous-illision_www.dadanpurnama.com_1
Lalu tanyakan pada diri sendiri, pada keluarga, saudara, kekasih, tetangga, siapa saja. Garis ini, terutama pada ujung B, menjauhi kita atau mendekati kita????? Bingung? okey saya akan bantu tambahkan garis imajiner.
ambiguous-illision_www.dadanpurnama.com_2
Oh ternyata ujung B menjauhi kita…. Eitssss tunggu dulu, saya punya garis imajiner yang lain.
ambiguous-illision_www.dadanpurnama.com_3
Nah loh, kok ujung B mendekati kita??
=============
Sekarang dengan dua buah garis, Garis ini menghadap ke bawah atau ke atas???
ambiguous-illision_www.dadanpurnama.com_4
Yaaah itu sih menghadap ke bawah lah….Yakin?? Ini saya tambahin garis imaginer
ambiguous-illision_www.dadanpurnama.com_5
Lihat kembali gambarnya dan fokus pada sudut garis imaginer di atas. Hah? masih melihat arahnya ke bawah? berhadapan dengan kita? Okey-okey saya berikan gambar lengkapnya :
ambiguous-illision_www.dadanpurnama.com_6
Gimana dengan gambar lain??? hehe berikut saya tampilkan gambar-gambar ilusi ambiguous depth illusion dan juga ambiguous yang lain juga sedikit ilusi yang lain. Namun dengan spoilernya yahhh, biar tidak berdebat: ini naik ini turun, ini kebawah ini ke atas, ini ke kiri ini ke kanan, ini ke luar ini ke dalam, ini biru ini putih, dll. Malaikat 
ambiguous-illision_www.dadanpurnama.com_9ambiguous-illision_www.dadanpurnama.com_7
ambiguous-illision_www.dadanpurnama.com_8
ambiguous-illision_www.dadanpurnama.com_8aambiguous-illision_www.dadanpurnama.com_26ambiguous-illision_www.dadanpurnama.com_22ambiguous-illision_www.dadanpurnama.com_18ambiguous-illision_www.dadanpurnama.com_22a
ambiguous-illision_www.dadanpurnama.com_16
ambiguous-illision_www.dadanpurnama.com_19
ambiguous-illision_www.dadanpurnama.com_20
ambiguous-illision_www.dadanpurnama.com_21
ambiguous-illision_www.dadanpurnama.com_11

ambiguous-illision_www.dadanpurnama.com_23ambiguous-illision_www.dadanpurnama.com_13ambiguous-illision_www.dadanpurnama.com_17ambiguous-illision_www.dadanpurnama.com_14ambiguous-illision_www.dadanpurnama.com_12ambiguous-illision_www.dadanpurnama.com_15ambiguous-illision_www.dadanpurnama.com_10
ambiguous-illision_www.dadanpurnama.com_28ambiguous-illision_www.dadanpurnama.com_30ambiguous-illision_www.dadanpurnama.com_31ambiguous-illision_www.dadanpurnama.com_27

ambiguous-illision_www.dadanpurnama.com_24ambiguous-illision_www.dadanpurnama.com_25ambiguous-illision_www.dadanpurnama.com_29
Idah ah segitu aja gambarnya, kuota abis dong upload btanyak. Saya perlu saya tuliskan lagi. Semua jenis gambar ilusi diatas telah diteliti, dan punya hak cipta masing - masing peneliti. 
 ============
Saya mulai tertarik dengan gambar-gambar ilusi dan ilusi lain seperti ini saat 2009 lalu, saat pertama kali blogging. Lihat saja artikel posting blog ini ke belakang penuh dengan postingan gambar hehehe. Nah 2014 kemarin akhirnya saya merealisasikan membuat web untuk gambar-gambar ilusi ini, Isinya diklasifikasikan berdasarkan kategori, pembuat dan juga penjelasan ilmiahnya. Kenapa? Karena di Indonesia belum ada yang seperti itu. Kita hanya berdebat tentang nilai intrinsik gambar itu saja, tanpa mengapresiasi nilai ekstrinsik gambar itu. Namun lagi-lagi terhambat pendanaan, saya fokus dulu ke blog ini saja. 


Baca artikel yang berhubungan
  1. http://www.dadanpurnama.com/2015/03/gaun-ini-berwarna-putih-emas-atau-biru-hitam-------ini.penjelasan.dan.pembelaan.saya.bonus.gambar-ilusi-mata.html
  2. http://www.dadanpurnama.com/2014/12/buta-warna-dan-bagaimana-mereka-melihat-dunia.html
  3. http://www.dadanpurnama.com/2014/10/menyembunyikan-gambar-dalam-gambar-dengan-photoshop.html
  4. http://www.dadanpurnama.com/2010/05/download-gambar-paradox.html
  5. http://www.dadanpurnama.com/2010/05/video-pemerkosaan-kucing-oleh-sahabatku.html


Oh iya,, ini ada bonus animasi ambiguous depth illusion. 
Animasi putaran ini hanya satu arah!
Wanita ini berputar ke kiri atau ke kanan? 
hahaha silahkan berdebat dan berpendapat sampai kiamat!
ambiguous_illusion_woman_rotating_dance_www.dadanpurnama.com


PERHATIAN

Sudah lebih dari satu tahun saya tidak mempunyai HP atau HH. Meskipun saya mempunyai modem dan kartu yang masih aktif, tapi saya tidak punya pulsa dan jarang mengisi kuota untuk membalas pesan, telepon ataupun komentar Anda. Jadi mulai hari ini sampai waktu yang tidak ditetapkan, segala bentuk komunikasi kepada saya hanya melalui email saja. Jika Anda ingin menghubungi saya karena keadaan darurat (misalnya minta bantuan FB kena hack), silahkan baca dan pahami link ini, jika Anda menginginkan respon dari saya.

Mohon maaf apabila ada pesan, komentar, dan permintaan teman di facebook yang belum/tidak terbalas. Harap maklum.


Terima kasih
Dadan Purnama


0 komentar:

Poskan Komentar

Silakan tinggalkan komentar, kritik, saran, spam atau apa saja yang penting sopan dan tidak SARA ya....

Jika ada pertanyaan atau request yang penting, bisa hubungi Admin di How to Contact

Terima kasih,
Dadan Purnama