Senin, 01 Desember 2014

Buta Warna, Tes dan Bagaimana Penderita Melihat Warna-warni Dunia

Kemarin sempat berdebat dengan adik, soalnya sang adik menyanyikan lagu "Bintang Kecil". Ini lagu yang dinyanyikan sang adik :
Bintang Kecil
Dilangit yang biru
amat banyak
menghias angkasa

Saat menyanyikan lagi, admin tidak tahan lalu segera memotong lagunya
Bintang kecil
dilangit yang HITAAAAAAM

hehehe lalu ibu ane melerai, kita berdua salah katanya, harusnya
Bintang kecil
dilangit yang tinggi
hahahahah

Setelah merenung melanglang buana bermimpi ini itu akhirnya datang juga ide untuk memposting tentang buta warna ini.

Suci Lestari Camera360 Sexy Lips
Ini bukan Buta Warna tapi ini Salah Warna
Sample of False Color not Color Blind
Camera360 :D

Buta warna ada dua, yang pertama buta warna kelainan, yang kedua buta warna persepsi.
 Buta Warna Persepsi
Untuk buta warna persepsi, yaitu orang yang tidak tahu penyebutan warna yang sudah disepakati manusia. Contohnya manusia sepakat, warna langit pada siang hari disebut warna biru. Namun ada orang yang tidak tahu kesepakatan pemberian nama ini, sehingga orang itu asal menyebutkan warna. Orang itu memberi nama warna langit pada siang hari adalah warna hijau.
Buta warna lebih dominan pada laki-laki, baik yang salah persepsi ataupun yang kelainan. Contoh buta warna salah persepsi biar lebih mudah :
Warna apakah ini ?

Salah! Ini bukan warna hijau, bukan warna hijau kekuningan, bukan warna kuning kehijauan. Warna ini bernama pistachio.

Kalo ini warna apa?

Eitss, kok merah, merah tua, merah pucat... salah ini adalah warna brown (coklat). Makanya dari dulu saya bingung gula merah kok bahasa inggrisnya brown sugar bukan red sugar. Setelah dipikir, emang gula merah itu warnanya coklat bukan merah.

Nah yang ini warna apa?

Orange tua? coklat muda? hehehe yang ini [juga] adalah coklat / chocolate.

Ini adalah warna pink (merah muda)

Ini adalah warna magenta/fuchsia

nah dari keempat gambar diatas, saya yakin Anda juga buta warna persepsi! Yang disebabkan karena:
1. Tidak tahu nama warna itu
2. Tidak ada nama warna itu dalam bahasa Indonesia

Oke cukup sekarang kita beralih ke buta warna kelainan.

Buta Warna Kelainan

Buta warna kelainan adalah ketidakmampuan seseorang dalam melihat beberapa gelombang cahaya yang dipantulkan oleh massa.
Weiissss bahasanya bahasa fisika uyyy :D heheh.
Seperti diketahui warna dari suatu massa/benda adalah warna cahaya yang dipantulkan oleh massa/benda. Misalnya ambil warna daun. Kita sepakai warna daun itu adalah hijau, sekarang ambillah daun hijau itu lalu lihatlah di tempat/ruangan gelap. Apakah warna daun itu tetap hijau? Tidak, daun itu tidak lagi berwarna hijau karena tidak bisa memantulkan cahaya atau tidak ada cahaya. Sekarang sinarilah ruang itu dengan penuh warna merah. Lalu lihatlah apakah daun itu berwarna hijau? Tidak, warna daun itu mungkin saja menjadi warna orange kehitaman, kuning kehijauan, atau hijau kehitaman. Silahkan buktikan sendiri!

Buta warna adalah suatu kelainan yang disebabkan ketidakmampuan sel-sel kerucut mata untuk menangkap suatu spektrum warna tertentu yang disebabkan oleh faktor genetis. Saraf sel pada retina terdiri atas sel batang yang peka terhadap hitam dan putih, serta sel kerucut yang peka terhadap warna lainnya. Buta warna terjadi ketika syaraf reseptor cahaya di retina mengalami perubahan, terutama sel kerucut yang ada tiga bahkan 4 jenis.

Buta warna kelainan ada tiga jenis yaitu :
  1. Trikomasi yaitu berubahnya kemampuan sel kerucut dalam mengenali warna, dibagi menjadi tiga :
  • Protanomali yaitu kelemahan warna merah.
  • Deuteromali yaitu kelemahan warna hijau.
  • Tritanomali yaitu kelemahan warna biru.

  1. Dikromasi yaitu kelainan karena tidak adanya satu dari 3 jenis sel kerucut, terdiri dari:
  • Protanopia yaitu kelemahan warna merah.
  • Deuteranopia kelemahan warna hijau.
  • Tritanopia kelemahan warna biru.

  1. Monokromasi yaitu ketidakmampuan sel kerucut mengenal warna. Sehingga semua warna berkurang atau bahkan hanya dapat melihat (perpaduan) warna hitam dan putih saja.
Untuk penderita buta warna trikomasi sekarang sudah digabung dengan dikromasi.
Untuk buta warna total dan buta warna biru sekarang sudah jarang :)


Bagaimana Mereka Melihat Warna-warni Dunia?

Inilah yang warna yang dilihat oleh penderita buta warna
buta warna
How Color Blind See





Test Ishihara dan Penyelesaiannya

Seperti saya bilang buta warna kelainan dan buta warna persepsi susah untuk dibedakan apalagi kalau orang itu mengidap buta warna kelainan berkomplikasi buta warna persepsi.

Untuk itu, kita membutuhkan sebuah tes dengan dua jawaban yang berbeda. Misalnya dua orang di tes dan jawabannya beda. Dan yang mengejutkan adalah kedua jawaban itu benar. Namun satu jawaban menunjukkan kelainan

Contoh dalam gambar ini, berapa angka yang anda lihat?
Jika anda menjawab 70, anda salah
jika anda menjawab 29, anda salah
jawaban yang benar adalah hanya ada 2 angka saja yaitu 'bilangan 7 dan 0' atau ' bilangan 2 dan 9' huwahahahahah saya nanya angka bukan bilangan! Uppsss :D

Back to topic, serius!
Contoh dalam gambar ini, bilangan berapa yang anda lihat?
Jika anda melihat 29, anda benar
jika anda melihat 70, anda benar
Nah loh, lalu bagaimana untuk membedakan yang mana yang kelainan dan yang mana yang normal. Gampang... tanya aja semua orang, yang jawabannya paling banyak itulah yang normal. wkwkwkw enggak dong. MAYORITAS, YOU HAVE NO POWER HERE, in science.
Cara termudah yaitu dengan meneliti langsung mata kita. Setelah diteliti, ternyata orang yang menjawab bilangan 70 mempunyai sel kerucut yang 'berbeda' menurut paramedis. Untuk itulah mereka digolongkan ke dalam penderita.

WADUUH SAYA SENDIRI SUKA BINGUNG KARENA DIBIKIN BINGUNG kalau membicarakan tentang opini, pendapat, persepsi, variabel, permainan pikiran, permainan bahasa dsb. Saya gak mau panjang lebar ah udah TITIK.

Beberapa Tes Ishihara, penglihatan pada buta warna dan dan dan dan apa ya???? dan pengungkapannya? dan penyelesaiannya? ah pokoknya Test buta warna beserta jawaban mata normal dan penderita buta warna. Bahasa kerennya itu reversing color blind test .





Untuk lebih lengkapnya silahkan cari sendiri colorblind test

Cara Melihat Saat Buta Warna

Oh ya mau tahu gimana cara saya melakukan "pengungkapan" tes diatas? Gampang, Buka Photoshop - View - Proof Setup - Color Blinds

Atau jikia tidak puas, bisa dengan cara lain, yaitu manual adjust. Caranya Buka Photoshop - Layer - new Adjustment Layer - Hue/Saturation. Lalu silahkan ubah-ubahlah nilai Preset, Hue dan Saturationnya.



Contohnya untuk melihat bilangan gambar bilangan dari test yang ini adalah mengatur Preset ke Reds, Hue menjadi +50 dan saturation menjadi -100




Buta warna memang akibat dari orang tua yang membawa sifat buta warna pada DNA nya meskipun orang tua itu tidak menderita buta warna. Namun kita tidak boleh menghakimi atau menyalahkan orang tua kita. Ingat selalu ada hikmah dibalik keadaan. Misalnya, masih ingat dengan artikel menyembunyikan gambar dalam gambar? Nah para pengidap buta warna pun bisa membuat berkreasi dengan membuat gambar berkode yang hanya bisa dilihat dengan cara pandangan buta warna.

Saat ini status penderita buta warna sudah diakui oleh dunia, bahkan mereka bisa berkarya layaknya orang normal, Contohnya, pemilik facebook mark zuckerberg adalah penderita buta warna merah-hijau. Makanya desainnya kebanyakan berwarna biru.
Bahkan saat ini ada orang yang membuat karya/desain agar warna yang dilihat oleh orang normal ataupun buta warna adalah warna yang sama. Juga beberapa desain tes buta warna, yang bulat-bulat kecil itu menjadi desain yang menjadi komoditas.
Dalam desain baik grafik ataupun website, photoshop sudah menyediakan menu pilihan warna untuk colorblinder.
Kita Melihat Warna yang Sama pada Gambar ini

Desain berdasarkan ishihara test

desain berdasarkan tes buta warna


Selain itu bagi penderita buta warna, telah ditemukan alat khusus agar mata bisa kembali melihat dengan warna.



Bagi para desainer, arsitek, pembuat peta, komikus, web developer, dan semua "creator" yang membutuhkan warna, silahkan lihat lagi desain anda apakah sudah Colorblind Friendly?

Why all designers need to understand color blindness






BONUS

Sebutkan Warna dari tulisan-tulisan ini dengan cepat :

Test Ke-Fokus-an Otak dengan warna


Membalikkan Efek False Color - Reverse Camera360 Sexy Lips
Suci Lestari Camera360 Sexy Lips
Sexy Lips Effect, Reds became Oranges.
Suci Lestari Shucayniknum
Reverse Orange Lips Camera360


PERHATIAN

Sudah lebih dari satu tahun saya tidak mempunyai HP atau HH. Meskipun saya mempunyai modem dan kartu yang masih aktif, tapi saya tidak punya pulsa dan jarang mengisi kuota untuk membalas pesan, telepon ataupun komentar Anda. Jadi mulai hari ini sampai waktu yang tidak ditetapkan, segala bentuk komunikasi kepada saya hanya melalui email saja. Jika Anda ingin menghubungi saya karena keadaan darurat (misalnya minta bantuan FB kena hack), silahkan baca dan pahami link ini, jika Anda menginginkan respon dari saya.

Mohon maaf apabila ada pesan, komentar, dan permintaan teman di facebook yang belum/tidak terbalas. Harap maklum.


Terima kasih
Dadan Purnama


2 komentar:

  1. Postingan bagus nih. Soalnya tiap taun sy wajib check up termasuk kondisi mata. Kira2 adakah tehnik lain, makanan/minuman bergizi yg dibutuhkan agar mata tetap optimal?

    BalasHapus
  2. check up? apakah buta warna anda didapat dari kecelakaan?
    Soalnya kalo yang buta warna genetik, untuk saat ini belum mungkin untuk disembuhkan.

    Namun untuk buta warna yang didapat setelah kejadian tertentu, masih mungkin untuk disembuhkan, seperti anda, apa anda diberi resep dari dokter?

    Sekarang, cobalah untuk pergi ke pengobatan alternatif buta warna. Saya pernah baca dulu ada pijat syaraf yang bisa mengobati buta warna meskipun tidak pada semua orang jadi sembuh. Tapi usaha dan doa adalah yang utama.

    BalasHapus

Silakan tinggalkan komentar, kritik, saran, spam atau apa saja yang penting sopan dan tidak SARA ya....

Jika ada pertanyaan atau request yang penting, bisa hubungi Admin di How to Contact

Terima kasih,
Dadan Purnama