Gaun ini Berwarna Putih Emas atau Biru Hitam? Ini Viral Marketing! Penjelasan dan Pembelaan Saya + Gambar Ilusi Mata

Bulan Februari lalu lagi-lagi netizen dihebohkan. Kali ini hanya dengan sebuah gaun. Gaun pernikahan yang dipakai oleh Grace pasangan Keir Johnston adalah rancangan dari desainer Roman Originals. Pertama kali saya mendapatkan kehebohan ini dari Kaskus http://m.kaskus.co.id/thread/54efcffa96bde61c688b4579/apa-warna-baju-ini/.

Waktu itu saya melihatnya sebagai warna putih dan emas. Lalu karena membaca judul dan komentar kaskuser, saya jadi bingung. Lalu saya menunjukkan gambar ini kepada adik saya yang berumur 6 tahun. Dia bilang biru dan hitam. Anjjjirrr. Kurang yakin, takut adik saya buta warna persepsi, lalu saya tanya adik saya sambil menunjuk langit. Dia bilang langit berwarna biru. whaattt???? Kurang yakin lalu saya ambil krayon warna putih dan biru, dan adik saya tepat menunjukkan warnanya. Lalu saya tunjukkan lagi gambarnya sekarang dia berubah warna menjadi biru emas! Kurang puas lalu saya kunjungi sumber gambar ini di http://imgur.com/gallery/usNYBUQ. Terus baca-baca komen dan menemukan referensi ilmiahnya.
Berdasarkan artikel saya tentang Buta Warna Persepsi kita kesampingkan dulu nama warna asli dari warna ini, soalnya warna dalam foto ini tidak sepenuhnya putih juga tidak sepenuhnya biru. Tidak sepenuhnya warna emas juga tidak sepenuhnya warna hitam.
Kata ‘foto’ pada artikel ini merujuk pada foto ini ya :
dress_white-gold_and_blue-black

Analisa warna gaun pada gambar tersebut.

Pertama, sejujurnya saya tidak melihat baju berwarna putih dan emas pada gaun itu, tapi melihat putih kebiru-biruan dan coklat keemasan. Tapi karena kita bicara warna mayoritas saya katakan warna pada gaun itu putih dan emas. Seperti saya contohkan, maaf bukan SARA Rasis dan sebagainya.
Sekarang lihatlah kulit anda, yakin kulit anda berwarna putih? yakin kulit anda berwarna coklat? yakin kulit anda berwarna kuning langsat? yakin kulit anda berwarna hitam? TIDAK jika secara ilmu warna, kulit kita tidak putih (kode #ffffff) atau berwarna hitam (kode #000000). Tapi kenapa kita menyebutnya kulit putih dan kulit hitam??? okey putih dan emas menang.warna-kulit
DressSidebySide
Begitu juga untuk warna baju pada foto tersebut adalah warna putih. Kenapa warna putih? karena mayoritas warna pada baju itu menunjukkan putih untuk baju tersebut. Memang jika kita lihat lebih dalam, warna baju itu adalah warna putih kebiru-biruan. Karena warna putih pada foto ini sudah ada pada refleksi cahaya di belakangnya . Sehingga saya yang menyatakan baju ini berwarna putih meskipun agak gelap kebiru-biruan dikarenakan bayangan dari tak terkena cahaya. Lihat gambar di lingkaran merah.
 2dress_white-gold_and_blue-black
Kedua saya ambil contoh warna baju pada gambar tersebut lalu hasilnya adalah biru muda pekat dan emas kecoklatan, coklat kehitaman dan jutaan warna tersier lain. Lalu saya cek kode warnanya dan menunjukkan warna putih/biru ini adalah warna biru yang lebih condong ke daerah putih dan warna emas/hitam ini adalah warna coklat yang lebih conding ke daerah hitam. okey biru dan hitam menang.
analisa-gaun-putih-emas-dan-biru-hitam__dadanpurnama.com (3)
Ada cara yang lebih mudah yaitu dengan mengubah brightness dan contrast menggunakan image editing, Atau dengan mengubah kecerahan layar anda.
0227_crazydress2


Jadi kesimpulannya, jika anda melihat warna putih dan emas pada warna ini, selamat mata dan pengetahuan warna anda normal cuma tertipu ilusi mata saja. Jika anda melihat warna biru dan hitam, selamat mata anda tidak normal, bisa melihat dan tahu warna yang begitu detil
Anjir ribet.. Gini aja deh, secara pandangan mata, warna ini adalah putih emas. Secara ilmiah (satuan internasional yang telah disepakati dan diinputkan ke komputer), warna ini adalah biru hitam. 



Kalau boleh dipanjangkan, saya lebih memilih jawaban, putih kebiruan dan coklat keemasan pada foto gaun itu dan biru muda keputihan dan coklat kehitaman pada warna gaun itu



Anda tidak setuju dengan kesimpulan saya? Saya punya fakta lain loh, yaitu adanya foto ini adalah
VIRAL MARKETING
  1. Fakta pertama, foto yang diambil ini hanya ada satu juga dari satu sudut. Seharusnya jika teman-temannya menyatakan berbeda warna, bisa mengambil gambar lain dengan sudut pengambilan gambar yang berbeda. Ya meskipun kita melihat gambar lain, tapi gambar yang sudah dipakai dan berbeda tempat juga gambar produk asli.
  2. Roman Designer selaku pembuat baju ini mendapatkan banyak order setelah adanya kehebohan ini.
  3. Bisa saja foto itu adalah hasil image editing. atau ada dua buah gaun yang berbeda.
  4. Keanehannya adalah jika kita meng-invert warna pada baju ini maka kita akan mendapatkan warna yang sama dari warna lain sebelum diinvert. Biru menjadi hitam dan hitam menjadi biru atau emas menjadi putih dan putih menjadi emas. Silahkan anda Bandingkan dengan gambar dari foto asli dan juga pada gaun yang lain. Kenapa foto itu bisa se-sempurna ini?
    analisa-gaun-putih-emas-dan-biru-hitam-invert-color__dadanpurnama.com
  5. Keanehan lain adalah pemilihan warna biru, putih, hitam dan emas, yang menyebabkan penderita buta warna juga mempunyai penglihatan warna dengan mata normaldress_white-gold_and_blue-black_in_color-blinds_www.dadanpurnama,com_


Bonus tentang ilusi mata persis seperti apa yang putih emas alami dan juga meme tentang warna gaun pada foto itu
Bajunya warna apa?? 3dress_white-gold_and_blue-black
yakin putih??? nih ganti background dulu :
4dress_white-gold_and_blue-black
=========
Kita setuju warna pada kotak A dan kotak B berbeda warna. Yakin????

adelson_checkershadow

Lihat gambar selanjutnya dibawah ini saya pastikan mempunyai gambar sama juga bukan editan,
download saja kalau tidak percaya lalu bandingkan hasilnya
adelson_checkershadow_alt
========================
Jika kita lihat maka barisan jajar genjang pertama lebih gelap dari barisan selanjutnya. Yakin? silahkan print, gunting, dan bandingkan sendiri.
1378286_738931386122818_8464333_n
blue-triangles-illusion
==============================
Warna MJ pada kiri dan kanan terlihat lebih hitam dan lebih putih., padahal mempunyai warna yang sama.
MJ_2
==========================
Gambar ini hanya ada dua jenis warna biru.
ShadyIllusion2
Yakin cuma punya dua warna biru???
ShadyIllusion1
===================================
Lihat gambar disana, ada empat warna ya??? yakin????
false_color
Yakiin empat warna?????
false_color2
Sekedar informasi aja, bahwa gambar-gambar ilusi mata di atas telah diteliti dan dapat dijelaskan secara ilmiah. Namun saya lupa lagi siapa-siapa saja yang menelitinya. Begitu juga dengan warna baju pada gaun ini juga telah diteliti, kenapa ada yang melihat putih kebiruan dan warna biru dengan jelas.
Meme #DressGate
meme-gaun-putih-emas-dan-biru-hitam__dadanpurnama.com (7)meme-gaun-putih-emas-dan-biru-hitam__dadanpurnama.com (8)meme-gaun-putih-emas-dan-biru-hitam__dadanpurnama.com (9)meme-gaun-putih-emas-dan-biru-hitam__dadanpurnama.com (2)meme-gaun-putih-emas-dan-biru-hitam__dadanpurnama.com (1)meme-gaun-putih-emas-dan-biru-hitam__dadanpurnama.com (1)meme-gaun-putih-emas-dan-biru-hitam__dadanpurnama.com (6)meme-gaun-putih-emas-dan-biru-hitam__dadanpurnama.com (3)meme-gaun-putih-emas-dan-biru-hitam__dadanpurnama.com (5)meme-gaun-putih-emas-dan-biru-hitam__dadanpurnama.com (4)

Komentar

  1. Wah, hebat sekali! Thx, ya, infonya.... Soalnya ramai banget di LINE.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat Anda Pertamax!
      wah akhirnya ada yang komen di artikel ini, sama-sama...maksih kunjungannya

      Hapus

Posting Komentar

Silakan tinggalkan komentar, kritik, saran atau apa saja yang penting sopan dan tidak SARA ya....

Jika ada pertanyaan atau request yang penting, bisa hubungi Admin di How to Contact

Terima kasih,
Dadan Purnama

Postingan populer dari blog ini

Sistem, Cara Kerja, Cara Melacak dan Jasa Lacak Posisi Seseorang dari Nomor HP

Bereksperimen dengan Raket Nyamuk

Teori dan Rangkaian Transistor Sebagai Penguat Arus