Senin, 09 Mei 2016

Seni Cracking Program AplikasiXP dari Dewaphobia


Alhamdulillah setelah hampir dua bulan offline akhirnya bisa menulis artikel lagi. Kok offline? Ya keadaan finansial yang belum memungkinkan untuk mengurus blog ini setiap hari. Maaf kepada semua pengunjung blog ini yang sudah berkomentar namun baru dibalas hari ini. Semua request sudah saya simpan dan akan dijadikan artikel di kemudian hari, mungkin. :D. Untunglah kemarin ada sodara yang minta ngebenerin komputer, jadi bisa korupsi kuota dikit xixixi. Namun bagi yang mau berkomunikasi langsung dengan saya, yang saat ini banyak ditanya tentang jasa lacak hp dan juga tentang elektronik, silahkan menuju ke halaman Urgent Service. Terima kasih.

Beberapa hari yang lalu, tepatnya 7 Mei adalah ulang tahun DNU DPL. Bagi yang belum tahu siapa Dia, bisa membaca artikel blog ini lima tahun ke belakang. Saya orangnya pelupa, namun jika ada suatu memori yang menurut saya spesial, maka saya akan bisa mengingatnya. Begitu juga dengan hari tersebut.
Untuk mengancam memperingati hari tersebut, maka saya akan melakukan cracking terhadap salah satu aplikasi sesama blogger Indonesia. Waduh! Tenang dulu ada penjelasannya. Pertama ini adalah aplikasi gratis yang mmbutuhkan kode registrasi. Tidak ada batasan fitur dan tidak ada pembatasan waktu. Kita bisa menggunakan aplikasi ini selama kita mau walaupun tidak memberikan donasi untuk kode registrasi. Lalu mengapa butuh kode registrasi? Pada aplikasi ini, jika kita tidak meregistrasinya, maka saat membuka dan menutup aplikasi akan membuka browser yang menuju ke blog pembuatnya. Hanya itu saja, hanya mengingatkan kita untuk berdonasi. Saat ini, trik ini banyak dipakai oleh pembuat aplikasi Android, agar pengguna aplikasinya membeli program versi premium. Jika tidak, maka aplikasi tersebut akan menampilkan iklan.
Nama program tersebut adalah AplikasiXP. Yap program yang didesain khusus untuk Windows XP. Meskipun masih bisa digunakan untuk Windows terbaru. Alasan saya menggunakan AplikasiXP sebagai tutorial cracking adalah: Program ini sudah jadul, pembuatnya sudah tidak update, dan juga sistem registrasinya semudah registrasi SMADAV. Ya.. namanya juga zaman dahulu, apalagi ini adalah aplikasi gratisan.

Baiklah unduh dan pasang program AplikasiXP v1.4.3 di link ini : https://www.datafilehost.com/d/5834fc36
Saya sudah melihat ada versi 1.4.4 namun tidak bisa diunduh. Ya... Pembuatnya saja sudah offline dari 2012. Makanya saya mengingatkan kepada pengguna program bajakan seperti saya. Belilah aplikasi untuk mendukung kelanjutan dari program yang kita gunakan. Setelah memakai crack dan menggunakan aplikasi secara penuh, sehingga tahu bahwa aplikasi tersebut sangat berguna, maka belilah aplikasi tersebut.
Sekarang siapkan ollydbg, yang mendasar aja, gak usah pake plugin. Ingat ini adalah aplikasi zaman dahulu yang belum mempunyai proteksi setinggi Tembok China Tiongkok. Download ollydbg dari situs aslinya.http://ollydbg.de/ pilih yang versi 2

  1. Setelah semua siap, silahkan jalankan ollydbg lalu ke menu File - Open. Cari letak pemasangan AplikasiXP biasanya di C:\Program Files\Aplikasi XP
  2. Tunggu sebentar sampai loading and analysis selesai. Lalu jalankan AplikasiXP melalui menu Debug - Run
  3. Jendela AplikasiXP akan muncul, langsung aja ke menu Bantuan - Registrasi
  4. Pada jendela munculan yang ada, sialhkan isikan datanya, asal aja boleh. Lalu klik tombol Daftar.
  5. Apa yang terjadi? Pastilah ada error datanya tidak valid. Ya iyalah...
  6. Kembali ke jendela Ollydbg pada jendela yang gak bisa dibaca anak TK, lalu klik kanan, pilih Search for - All Referenced String. Akan muncul tulisan - tulisan yang bisa dibaca anak SD.
  7. Klik kanan lagi, lalu pilih Search Text. Masukkan pesan error tadi yaitu "Data tidak valid". Jangan lupa untuk menceklis Ignore Case. Pasti ketemu seperti ini
    Nah itu, seperti biasa ada tulisan-tulisan kalau data registrasi salah dan juga ada tulisan data registrasi benar.
    Berarti seperti tutorial yang dulu ya? tinggal merubah sistem registrasinya?Oh tidak, aplikasi ini punya sistem mengecek keaslian diri sendiri apakah sudah "dijahili" atau tidak, sama seperti SMADAV. Jadi tidak praktis kalau ingin mengubah tubuhnya.
    Sama seperti SMADAV yang sudah saya kritik pedas, heheh aplikasi ini bisa di sniffing, karena kode registrasi tercetak di tubuhnya mentah-mentah. Lihatlah tulisan "dewaphobia-aplikasixp-blablabla-" itu adalah kode registrasinya.
    Lah berarti udah dapet kalo gitu ayo kita tulis. Ditulis dimana? di Nomor Pengesahan atau di Nomor Seri Produk???
    Sebenarnya tulisan tersebut adalah kunci registrasi yang kita cari. Namun kunci yang berbeda dengan algoritma registrasi. Maksudnya?
    Begini, bahas smadav aja. Kalau kita mengetikkan NAMA pada sistem registrasi, maka akan tercipta SERIAL KEY. Serial Key ini digunakan untuk menunjukkan kalau versi kita udah pro. kepada siapa? kepada aplikasi smadav itu sendiri. Smadav kan mengecek lagi serial key ketika smadav dibuka. Jika serial key cocok dengan nama yang dimasukkan, maka tetap versi pro.
    Nah pada AplikasiXP, NAMA yang dimasukkan, nomor seri produk dan nomor pengesahan yag diberikan setelah berdonasi bukanlah serial key yang digunalan program untuk terregistrasi atau belum. Nomor seri dan nomor pengesahan ini ternyata digunakan untuk "saklar" bahwa kita sudah meregistrasikan kepada pembuat. Namun kesalahan dalam program ini adalah menulis serial pada tubuh program ke registry. Lah itu mah biasa kan? Begini deh :
    Program lain, saat peregistrasian, program akan mencocokkan serial key yang dimasukkan pembeli dengan serial key yang ada di tubuh program. Kalo cocok, maka program teregistrasi kan? Nah untuk mengingatkan program telah teregistrasi, maka program akan menyimpan key ini misalnya di registry. Nah key yang dituliskan ini adalah key yang dimasukkan oleh pembeli bukan key yang ada di tubuh program.
    Namun pada AplikasiXP ini key yang disimpan di registry adalah key yang ada di tubuh program. Sehingga tentu saja program ini akan dianggap telah diregistrasikan ke pembuatnya. Apalagi pengecekan ini tanpa mengecek nomor seri produk dan nomor pengesahan saja, jadi kita tidak perlu meng-crack dengan JE jadi JNE, JBE jadi JA dsb.
    Terus gimana caranya/buktinya program ini menulis serial key ke registry yang ada di tubuhnya sendiri?
  8. Kembali ke ollydbg, pada tulisan serial key "dewaphobia-aplikasixp-blablabla-" tadi yang di kotak merah, klik dua kali, maka jendela akan kembali ke bahasa mesin hehehe
  9. Geser ke atas terus sampai ketemu tulisan JE atau JZ atau JNE atau JA atau sebagainya, oh ternyata yang dipakai aplikasi ini adalah JE kalo di saya ada pada alamat 5D93A8. Nah pada tulisan ini klik kanan lagi pilih Breakpoint - Toggle.
  10. Sekarang kembali ke jendela AplikasiXP, di sini silahkan klik lagi tombol "Daftar" tersebut. Maka Ollydbg akan otomatis muncul. Nah disini, adalah penentuan dari registrasi tadi. Karena Data yang dimasukkan asal-asalan maka si "saklar" tadi akan memberitahukan bahwa data ini salah, sehingga loncat aja ke bagian "system peregistrasian salah".
  11. Namun sudah saya bilang diatas kelemahan dan kesalahan aplikasi ini, untuk membuktikannya, pada ollydbg bagian sebelah kanan di jendela Register (FPU) ada huruf Z dengan angka 1 warna merah. Pada huruf Z ini, klik kanan lalu pilih toggle, sehingga angkanya menjadi 0.
  12. Lalu tinggal jalankan lagi aplikasinya dengan menu Run tadi . Lihatlah jendela AplikasiXP! hueheheheh
Cracking AplikasiXP selesai.
Ngomong-ngomong, tadinya saya mau menmposting artikel tentang cracking SIATA Garuda, tapi karena pengembangannya masih baru maka disimpan dulu aja. Tapi untuk cracking SIATA 2014, SIATA 2, SIATA 3 dan Siata Merdeka, semua serial key bisa di sniffing seperti tutorial cracking yang pernah saya bahas, cari aja di sini.
Namun saya teringat dengan AplikasiXP ini, soalnya semua program ada di AplikasiXP ini. Ya,, seperti kompilasi dari program-program lain, meskipun cuma fungsi dasar aja. hahahaha
Hanya satu fitur yang saya suka dari AplikasiXP, yaitu fitur Refresh Windows alias Segarkan Windows. Bagi pengguna komputer Windows pasti Anda tidak tahu bahwa fitur refresh di Klik Kanan itu bukan untuk merefresh komputer. Saya sering lihat user yang sering sekali klik kanan - refresh pada desktop dan pada explorer, jika komputernya terasa lambat atau telah melakukan sesuatu misalnya menyalin file. Sebenarnya fungsi refresh pada menu klik kanan itu adalah bukan untuk menyegarkan komputer, apalagi membersihkan ram biar cepat lagi, tetapi untuk menyegarkan tampilan di explorer.
Maksudnya gini, setelah mencolok flesdis, eh flashdisknya gak muncul, setelah membuat New Folder, eh foldernya tidak muncul atau setelah menyalin dan memindahkan data eh file yang disalin belum ada padahal udah di Paste, nah di sinilah fungsi Refresh pada klik kanan, untuk menyegarkan ulang di sebuah folder.
Kalau fungsi Segarkan pada AplikasiXP ini barulah menyegarkan komputer, cache yang tidak dipakai di RAM dibuang, seluruh fungsi I/O dicek, ya sama seperti merestart komputer tanpa memuat ulang system dan driver. Penasaran, silahkan download AplikasiXP dan crack biar gak ada buka tutup browser heheeh

NB : Namun saat di cek di Windows 7 ternyata Windows Defender mendeteksinya sebagai proram berbahaya, tinggal di Allow saja.


Okey posting-posting artikel berikutnya adalah tentang logika. Hmmm
Design Blog juga katanya acak-acakan, okey ganti lagi nanti....

 See You Wanna See You
(◕‿◕)


PERHATIAN

Sudah lebih dari satu tahun saya tidak mempunyai HP atau HH. Meskipun saya mempunyai modem dan kartu yang masih aktif, tapi saya tidak punya pulsa dan jarang mengisi kuota untuk membalas pesan, telepon ataupun komentar Anda. Jadi mulai hari ini sampai waktu yang tidak ditetapkan, segala bentuk komunikasi kepada saya hanya melalui email saja. Jika Anda ingin menghubungi saya karena keadaan darurat (misalnya minta bantuan FB kena hack), silahkan baca dan pahami link ini, jika Anda menginginkan respon dari saya.

Mohon maaf apabila ada pesan, komentar, dan permintaan teman di facebook yang belum/tidak terbalas. Harap maklum.


Terima kasih
Dadan Purnama


0 komentar:

Poskan Komentar

Silakan tinggalkan komentar, kritik, saran, spam atau apa saja yang penting sopan dan tidak SARA ya....

Jika ada pertanyaan atau request yang penting, bisa hubungi Admin di How to Contact

Terima kasih,
Dadan Purnama