Mainan Perahu Kapal Tok-Tok/Otok-Otok/Klotok (Pop Pop Boat)

Wah sial banget minggu ini, komputer saya dapet masalah lagi. Harddisknya kena lagi. Setelah ditelusuri, ternyata kabel data hardisk saya yang korslet. 

Sudah dicari toko komputer di kota kecil saya di Cibatu ternyata gak ada. Yah terpaksa hunting ke kota Garut. Eh karena nyarinya pas hari minggu toko komputernya pada tutup :'(  ya udah pulang lagi.

Nah diperjalanan pulang, saya ketemu sama penjual kapal mainan. Bukan kapal-kapalan biasa, namun mainan perahu tok-tok! ya ada yang bilang kapal otok-otok ataupun kapal klotok.

Saya lihat sebentar, pikiran langsung melayang ke masa lalu. Eitss.. Bukan masa lalu waktu dulu memainkan kapal tok-tok ini, bukan juga mengingat pernah dapat huruf N Yosan, tapi masa lalu masa kecil yang belum tahu kerasnya kehidupan! 

skip skip skip 

Perahu otok-otok ini terbuat dari seng tipis di cat dengan 1 warna. Namun setiap perahu punya warna yang berbeda. Saya pun berniat membelinya, mengejutkan ketika penjualnya menyebutkan harganya! Mau tahu harganya? Rp25.000,00!!! Harga yang lumayan mengingat waktu dulu masih Rp1.000,00.
Gambar Kapal Tok-tok diambil dari Kaskus

Okeylah saya menawar dan mendapatkan harga Rp20.000, untuk perahu ini. Kemudian sewaktu berniat menjadikan mainan ini sebagai bahan artikel. Saya sempat searching penjual mainan ini, dan ternyata harganya cuma Rp10.000,00 di beberapa situs jual beli dan cuma Rp4.000,00 di penjual Kaskus.
Tapi gak tahu juga sih, soalnya saya lihat tanggal postingnya tahun 2012 heheeh. Oke lah gak apa-apa dengan harga.

Sistem perahu mainan ini menggunakan konsep fisika sederhana. Denngan memanaskan udara di suatu ruang, maka udara akan memuai dan mendorong air yang ada di pipa(knalpot). Sesuai hukum fisika, jika massa diberi aksi maka akan ada reaksi. Jika air didorong, maka airpun akan memberikan perlawanan, dengan mendorong balik. Hal inilah yang menyebabkan perahu klotok ini dapat bergerak. 







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sistem, Cara Kerja, Cara Melacak dan Jasa Lacak Posisi Seseorang dari Nomor HP

Bereksperimen dengan Raket Nyamuk

Teori dan Rangkaian Transistor Sebagai Penguat Arus