Rabu, 26 November 2014

Mainan Perahu Kapal Tok-Tok/Otok-Otok/Klotok (Pop Pop Boat)

Wah sial banget minggu ini, komputer saya dapet masalah lagi. Harddisknya kena lagi. Setelah ditelusuri, ternyata kabel data hardisk saya yang korslet. 

Sudah dicari toko komputer di kota kecil saya di Cibatu ternyata gak ada. Yah terpaksa hunting ke kota Garut. Eh karena nyarinya pas hari minggu toko komputernya pada tutup :'(  ya udah pulang lagi.

Nah diperjalanan pulang, saya ketemu sama penjual kapal mainan. Bukan kapal-kapalan biasa, namun mainan perahu tok-tok! ya ada yang bilang kapal otok-otok ataupun kapal klotok.

Saya lihat sebentar, pikiran langsung melayang ke masa lalu. Eitss.. Bukan masa lalu waktu dulu memainkan kapal tok-tok ini, bukan juga mengingat pernah dapat huruf N Yosan, tapi masa lalu masa kecil yang belum tahu kerasnya kehidupan! 

skip skip skip 

Perahu otok-otok ini terbuat dari seng tipis di cat dengan 1 warna. Namun setiap perahu punya warna yang berbeda. Saya pun berniat membelinya, mengejutkan ketika penjualnya menyebutkan harganya! Mau tahu harganya? Rp25.000,00!!! Harga yang lumayan mengingat waktu dulu masih Rp1.000,00.
Gambar Kapal Tok-tok diambil dari Kaskus

Okeylah saya menawar dan mendapatkan harga Rp20.000, untuk perahu ini. Kemudian sewaktu berniat menjadikan mainan ini sebagai bahan artikel. Saya sempat searching penjual mainan ini, dan ternyata harganya cuma Rp10.000,00 di beberapa situs jual beli dan cuma Rp4.000,00 di penjual Kaskus.
Tapi gak tahu juga sih, soalnya saya lihat tanggal postingnya tahun 2012 heheeh. Oke lah gak apa-apa dengan harga.

Sistem perahu mainan ini menggunakan konsep fisika sederhana. Denngan memanaskan udara di suatu ruang, maka udara akan memuai dan mendorong air yang ada di pipa(knalpot). Sesuai hukum fisika, jika massa diberi aksi maka akan ada reaksi. Jika air didorong, maka airpun akan memberikan perlawanan, dengan mendorong balik. Hal inilah yang menyebabkan perahu klotok ini dapat bergerak. 









PERHATIAN

Sudah lebih dari satu tahun saya tidak mempunyai HP atau HH. Meskipun saya mempunyai modem dan kartu yang masih aktif, tapi saya tidak punya pulsa dan jarang mengisi kuota untuk membalas pesan, telepon ataupun komentar Anda. Jadi mulai hari ini sampai waktu yang tidak ditetapkan, segala bentuk komunikasi kepada saya hanya melalui email saja. Jika Anda ingin menghubungi saya karena keadaan darurat (misalnya minta bantuan FB kena hack), silahkan baca dan pahami link ini, jika Anda menginginkan respon dari saya.

Mohon maaf apabila ada pesan, komentar, dan permintaan teman di facebook yang belum/tidak terbalas. Harap maklum.


Terima kasih
Dadan Purnama


0 komentar:

Poskan Komentar

Silakan tinggalkan komentar, kritik, saran, spam atau apa saja yang penting sopan dan tidak SARA ya....

Jika ada pertanyaan atau request yang penting, bisa hubungi Admin di How to Contact

Terima kasih,
Dadan Purnama