Selasa, 12 Mei 2015

Bereksperimen dengan Raket Nyamuk

Assalamu’alaikum semua
Salam sejahtera 

Maaf lama tidak jumpa dan tidak (telat) membalas komentar/emailnya. Beberapa minggu yang lalu hp saya menunjukkan gejala kerusakan, beberapa hari kemudian hp saya rusak di bagian touchscreen. Untung masih bisa menerima panggilan jadi yang menghubungi saya tidak masalah termasuk panggilan interview kerja. Loh apa hubungannya? Sehabis interview kerja, saya balik lagi ke Cibatu-Garut pada sore harinya. Namun syukur, di sini sedang hujan. Jadi berteduh dulu di dekat (bekas) pasar Cibatu. Sambil melamun saya melihat awan yang menangis Wajah menangis, saya sesekali dikagetkan dengan suara halilintar yang menggelegar. 3-4 kali saya melihat kilat petir itu. Lalu saya teringat tentang ayat di Al-Qur’an yang juga membahas petir, kilat, halilintar dan suara petir(guruh/guntur).
al-kahfi-40
maka mudah-mudahan Tuhanku, akan memberi kepadaku (kebun) yang lebih baik dari pada kebunmu (ini); dan mudah-mudahan Dia mengirimkan ketentuan (petir) dari langit kepada kebunmu; hingga (kebun itu) menjadi tanah yang licin; (QS AL-Kahfi:40)
Ar_Rad-ayat-12
Dia-lah Tuhan yang memperlihatkan kilat kepadamu untuk menimbulkan ketakutan dan harapan, dan Dia mengadakan awan mendung. (QS Ar Ra’d : 12)
ar-ruum-ayat_24
Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya, Dia memperlihatkan kepadamu kilat untuk (menimbulkan) ketakutan dan harapan, dan Dia menurunkan hujan dari langit, lalu menghidupkan bumi dengan air itu sesudah matinya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mempergunakan akalnya. (QS Ar Ruum : 24)
Lalu Beberapa Referensi
Petir terjadi karena ada perbedaan potensial antara awan dan bumi atau dengan awan lainnya. Proses terjadinya muatan pada awan karena dia bergerak terus menerus secara teratur, dan selama pergerakannya dia akan berinteraksi dengan awan lainnya sehingga muatan negatif akan berkumpul pada salah satu sisi (atas atau bawah), sedangkan muatan positif berkumpul pada sisi sebaliknya. Jika perbedaan potensial antara awan dan bumi cukup besar, maka akan terjadi pembuangan muatan negatif (elektron) dari awan ke bumi atau sebaliknya untuk mencapai kesetimbangan. Pada proses pembuangan muatan ini, media yang dilalui elektron adalah udara. Pada saat elektron mampu menembus ambang batas isolasi udara inilah terjadi ledakan suara. Petir lebih sering terjadi pada musim hujan, karena pada keadaan tersebut udara mengandung kadar air yang lebih tinggi sehingga daya isolasinya turun dan arus lebih mudah mengalir. Karena ada awan bermuatan negatif dan awan bermuatan positif, maka petir juga bisa terjadi antar awan yang berbeda muatan. (http://id.wikipedia.org/wiki/Petir)
Benefit for Earth
Lightning can have 100 million to 1 billion volts, and contains billions of watts.Energy from lightning heats the air anywhere from 18,000 degrees Fahrenheit to up to 60,000 degrees Fahrenheit.The earth benefits from lightning in several ways. First, lightning helps the Earth maintain electrical balance. The Earth is recharged by thunderstorms. The Earth's surface and the atmosphere conduct electricity easily—the Earth is charged negatively and the atmosphere, positively. There is always a steady current of electrons flowing upwards from the entire surface of the Earth. Thunderstorms help transfer the negative charges back to Earth (lightning is generally negatively charged). Without thunderstorms and lightning, the earth-atmosphere electrical balance would disappear in 5 minutes. Lightning also makes ozone-producing chemicals. (http://www.nssl.noaa.gov/education/svrwx101/lightning/faq/)
Beberapa ayat diatas pasti terlihat seperti cocoklogi bagi sebagian Anda. Senyum bingungApalagi jika dihubungkan dengan manfaat petir diatas Senyum dengan lidah terjulur
 ===============

Kembali ke Raket Nyamuk :
Nah karena petir adalah listrik dengan tegangan jutaan volt. Maka sekarang kita juga bisa membuat mini-petir. hehehe iya deh ini adalah loncatan bunga api pada listrik tegangan tinggi. Atau bahasa kerennya firework eh salah yang bener tuh spark. Ya karena dalam fisika, yang bergerak dalam listrik itu elektron maka mini-petir ini adalah loncatan elektron. Di sini saya menggunakan raket nyamuk yang bisa mengeluarkan tegangan ribuan volt dari batere tegangan 3 volt?
Loh kok bisa? Dari tiga volt menjadi ribuan volt? Joule Thief Neon saya kok tidak menyala? dsb. Silahkan baca artikel saya yang ini :
Saya sengaja membongkar raket nyamuk demi memuaskan rasa penasaran saya yang tidak pernah terpuaskan. (Maaf ya Mom). Ternyata raket nyamuk saya memakai transistor bodong! Senyum dengan mulut terbuka Maksudnya transistor pesanan tanpa nomor seri. Biasanya raket nyamuk memakai transistor NPN type 965, HSD965 atau SD965 atau D965.  Loh kok tau? soalnya ini raket nyamuk kedua yang saya bongkar. Yakin nih kedua?? heheh iya deh ini raket nyamuk ke empat yang saya bongkar.
Bermain dengan Raket Nyamuk

Transistor Raket nyamuk tanpa type dan nomor seri
Karena saya tidak punya cadangan transistor ini, maka saya mengamankan (mencabut) transistornya dan mengganti dengan NPN C828 dan C945. Karena transistor C828 ini berbeda pada kaki-kaki nya maka akhirnya saya menggunakan C945 yang akhirnya saya mengetahui C828 lebih maknyus pada rangkaian ini. Meskipun saya menggukanan Transistor C945R keluaran jadul.
transistor c945 NPN

Raket Nyamuk dengan transistor C945
Penggantian transistor bodong dengan C945 tersebut menimbullkan masalah, yaitu tidak mengeluarkan arus pada outputnya. Ada sih outpunya namun kecil banget. Oh iya ternyata saya lupa mengganti resistor yang menuju ke basis transistor. Setelah disesuaikan resistornya, outputnya spark masih terlalu kecil. Juga jarak agar spark terjadi jangan dekat, kurang dari 1mm.
Bermain dengan Raket Nyamuk spark sedikit

Jadi akhirnya saya memutuskan untuk menggunakan kembali transistor bodong tersebut.

Menyalakan Neon LHE CFL 5 watt

Hal pertama yang saya lakukan adalah menyambungkan output raket nyamuk ini dengan tabung neon CFL. Secara prinsip, rangkaian joule thief dengan rangkaian raket nyamuk ini sama-sama mengubah DC (direct current) menjadi AV (alternating voltage). Loh maksudnya gimana?
DC adalah direct current atau arus searah yang biasanya mempunyai tegangan rata jika dijadikan grafik. Pada JT atau RK ini, tegangan rata tersebut dibikin menjadi bolak-balik atau lebih tepatnya dibikin naik turun. Misalnya aliran listrik dengan tegangan 3v dihentikan dan dialirkan secara cepat, sehingga terjadi naik turun pada tegangan dan arusnya. Hal ini akan menginduksi kumparan…..(lebih lengkap silahkan baca pada link quote di atas). Sehingga tegangan 3V bisa menjadi 5000V, namun dengan arus yang mengecil.
Hasilnya, neon 5watt bisa menyala dengan batere 3v meskipun kurang terang dan agak blinking. Ya iyalah batere (input) paling 3watt sedangkan neon (output) itu 5watt, pasti tidak terang maksimal.

Bermain dengan Raket Nyamuk menyalakan neon cfl lhe

Bermain dengan Raket Nyamuk
Jadi yang kesulitan membuat rangkaian joule thief high voltage, bisa menggunakan rangkaian raket nyamuk ini untuk membuat tabung neon menyala. Kebanyakan kesulitan joule thief neon tegangan tinggi adalah di lilitannya, meskipun saya sudah memperbaruinya pada joule thief neon bagian 2. 

Angin Elektron

Sudah kita diketahui, dalam fisika ataupun kimia, yang paling berperan dalam atom itu adalah elektron. Nah dalam listrikpun yang membuat arus dapat mengalir adalah perpindahan elektron dari negatif ke positif (terbalik dengan arus listrik konvensional yang mengalir dari positif ke negatif). Elekton itu mengalir melalui penghantar (misalnya kabel), bagaimana jika terdapat celah diantara dua penghantar itu? Jika celah itu berdekatan, maka elektron tersebut akan meloncat yang menimbulkan mini-petir/loncatan bunga api/setrum/spark. Jika celah itu cukup jauh, maka loncatan akan tetap terjadi meskipun tidak menimbulkan spark. Inilah yang saya sebut sebagai angin elektron. Jika celah itu sangat jauh, maka loncatan elektron tetap terjadi dan elektron tetap mengalir. Kemana? ke sesuatu yang terdekat, jika penghantar/kabel itu diletakkan di lantai, maka aliran elektron itu akan meloncat kesana. Jika kabel itu dipegang oleh tangan meskipun dibalut oleh isolator plastik, maka elektron akan tetap meloncat ke tubuh kita meskipun kita tidak merasakannya (tersetrum tapi gak terasa).
Untuk melihat loncatan dan angin elektron ini, kita bisa mengarahkan dua buah penghantar secara berhadapan. Jika terjadi spark, jauhkanlah sedikit yang penting tidak terjadi spark. Lalu letakkan api diantara dua penghantar itu. Maka akan terlihat nyala api seperti tertiup angin. Inilah angin elektron.
Bermain dengan Raket Nyamuk
Bermain dengan Raket Nyamuk




Bermain dengan Raket Nyamuk


Bermain dengan Raket Nyamuk

Bermain dengan Raket Nyamuk
Untuk lebih jelas, ini videonya (6MB-3menit),

Dalam gambar dan video terlihat bahwa angin elektron ini sebenarnya bukan seperti angin yang bergerak, tapi elektron yang menarik dan atau mendorong massa disekitarnya, Hal ini bisa dibuktikan dengan mendekatkan benda-benda bermassa kecil seperti debu, bulu-bulu kapas, rambut dan yang bermassa kecil lainnya, maka benda tersebut akan tertarik dan juga menghindar (tergantung penghantar mana yang didekatkan) Senyum membocorkan rahasia. Jika dalam skala besar, bisa juga nih jadi alat anti grativasi Senyum maluWhoooaaa imajinasiku terlalu tinggi. Senyum kutu bukuPelangi

Penjernih Udara

Jika kita tadi menggunakan api sebagai media untuk melihat angin elektron itu, bagaimana jika kita menggunakan udara untuk melihat angin tersebut? Tapi kan udara tidak terlihat??? Weheheh udara terutama kentut kamu emang tidak terlihat tapi dalam kondisi tertentu kita bisa melihat udara, misalnya kabut atau asap. Yeehh itu sih bukan udara. Iya iya tapi kita bisa melihat udara yang bergerak (angin) dengan bantuan asap.
Untuk melihat angin elektron ini yang bekerja mengionisasi, saya harus mengumpulkan asap ini dalam tabung tranparan. Karena saya tidak punya, makanya saya menggunakan tabung bekas neon. Seperti diatas, jangan sampai loncatan elektron ini terjadi spark. Lalu lihatlah asap di dalam tabung menjadi menghilang akibat angin elektron. Juga dinding tabung menjadi ber-air.  Saya tidak yakin apakah angin elektron ini mengionisasi asap menjadi cair atau karena kelembapan.
Untuk yang ini, silahkan lihat videonya (2menit 4MB):



PERINGATAN BERBAHAYA UNTUK DIBACA
Sebenarnya hal ini tidak sengaja terjadi. Waktu bermain dengan raket nyamuk ini, saya sambil ehm ehm sambil merokok. Senyum malu Waktu saya membuang asapnya, saya perhatikan asap yang berada di daerah ujung penghantar angin elektron ini lebih cepat menghilang. Lalu saya coba-coba dan jadilah artikel di atas.


Sebenarnya masih banyak eksperimen yang ingin saya lakukan, misalnya membuat Power Supply High Voltage, Tesla Koil, Taser dll namun saya keburu cape, ya udah lanjut kapan-kapan ajah. Atau berminat mau melanjutkan?

Kumpulan Rangkaian Raket Nyamuk, Joule Thief dan Inverter Dasar
Raket nyamuk, inverter dan joule thief sebenarnya mempunyai komponen utama yang sama yaitu transistor. Transistor ini difungsikan sebagai sakelar (switch) yang dapat mengalirkan dan memutuskan arus secara cepat ratusan bahkan ribuan kali dalam waktu satu detik.
Berikut rangkaian dasar transistor sebagai switch :
rangkaian dasar joule thief
Rangkaian Dasar Joule Thief
rangkaian dasar joule thief high voltage
Rangkaian Joule Thief High Voltage
rangkaian dasar raket nyamuk
Rangkaian Raket Nyamuk
rangkaian dasar inverter dengan 2 transistor
Rangkaian Inverter
Sengaja saya tidak memberitahukan skema, detail rincian, dan nilai komponen pada eksperimen raket nyamuk juga pada rangkaian di atas. Bagi yang ingin tahu, silahkan komentar saja di bawah.:D :D :D


PERHATIAN

Sudah lebih dari satu tahun saya tidak mempunyai HP atau HH. Meskipun saya mempunyai modem dan kartu yang masih aktif, tapi saya tidak punya pulsa dan jarang mengisi kuota untuk membalas pesan, telepon ataupun komentar Anda. Jadi mulai hari ini sampai waktu yang tidak ditetapkan, segala bentuk komunikasi kepada saya hanya melalui email saja. Jika Anda ingin menghubungi saya karena keadaan darurat (misalnya minta bantuan FB kena hack), silahkan baca dan pahami link ini, jika Anda menginginkan respon dari saya.

Mohon maaf apabila ada pesan, komentar, dan permintaan teman di facebook yang belum/tidak terbalas. Harap maklum.


Terima kasih
Dadan Purnama


56 komentar:

  1. Mas, tanya tentang raket nyamuk saya merk S#####KU
    Belum ada sehari, sudah tidak bisa nyetrum nyamuk.
    Saya cek dengan multimeter, voltase cuman 300 an VDC
    Kira-kira, komponen apa yang bermasalah ya?

    BalasHapus
  2. rangkaian JT & Raket nyamuk hampir sama mas ? itu keluaran teg antara Rangkaian raket nyamuk dengan JT sama ndak mas ? dengan komponen yang sama

    BalasHapus
  3. Apa bisa menghilangkan asap di sumatera dan kalimantan ? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. jawaban simple aja ya,, tidak :D

      nanti deh saya bikin prototype buat ngilangin asap yang ada di ruangan,, atau gak ionizer buat menjernihkan udara gitu ...
      tapi gak usah ditunggu,, soalnya saya lagi nyari kawat email buat inverternya susah,,,

      Hapus
  4. Saya mau bikin 5000v gimana dengan raket nyamuk atau dari rNgkain lainya bisa ga yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya lagi bikin rangkaian tersebut namun belum jadi karena bahan belum lengkap.

      Dari rangkaian raket nyamuk bisa ajah, namun butuh dioda dan kapasitor banyak untuk voltage multipliernya.
      kalo mau lebih instan, rangkaian dari raket nyamuk ini disambungkan ke flyback, tapi bukan 5kv lagi bisa puluhan ribu volt. HATI-HATI!

      Hapus
  5. Saya mau bikin 5000v gimana dengan raket nyamuk atau dari rNgkain lainya bisa ga yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa dong
      biar lebih mudah cari aja "rangkaian inverter"

      Hapus
  6. kalau output dari raket nyamuk ini kita bikin jdi 220v AC trus dpake buat peralatan elektronik bisa gk yaa om?
    ane mau nyoba experimen bikin kompor listrik pake komponen raket nyamuk klo bsa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. dibikin jadi 220v? Bisa.
      tapi untuk menyalakan peralatan elektronik rumah tangga seperti kompor listrik? Tidak.

      Daya tidak mencukupi,
      Misal daya dari raket nyamuk adalah (tegangan batere x kapasitas batere) = 3V x 1A = 3watt
      sedangkan peralatan listrik biasanya butuh daya yang tinggi

      silahkan baca lagi :
      Hubungan arus, tegangan, daya dan energi

      Hapus
  7. raket nyamuk ga bisa di charge lampunya nyala,kalo di ganti batre bekas hp tapi kondisi sdh kembung masih bisa dipake ga mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk penggantian batere dengan yang lain bisa saja. namun yang bikin ribet adalah batere hape harus ditempelin di luar yakk.. heheheh pernah juga soalnya.

      Jika batere habis, cas dengan "desktop charger".
      jangan disambungin ke casan yang raket nyamuk.

      PERHATIAN
      Dengan menggunakan batere HP berarti menambah tegangan dan dayanya jadi besar. Keluaran raket nyamuk pun lebih tinggi tegangannya.
      Konsekuensinya jangan heran kalau komponennya di dalamnya akan cepat rusak. (Transistor, Kapasitor HV, dan Dioda HV)


      Hapus
    2. bisa saja lampunya yang putus atau capasitor dari PLN (banyak merk, nama dan masukan jadi tidak saya tulis.

      kalo diganti batrae hp tidak apa-apa tapi kalo rusak cukup ganti tarisistor aja. pengalaman pribadi

      Hapus
    3. yup kebanyakan adalah baterenya karena menggunakan batere nikel,
      dan juga kapasitornya, tapi bukan kapasitor yang di nyambung ke PLN, tapi kapasitor high voltage yang nyambung ke jala-jala raket
      Transistornya juga bisa, makanya saya jualan transistornya wehehehe promosi

      Hapus
  8. Saya ingin sekali bikin kamar yang jendela/pintunya dibikinin kasa/saringan yang bahannya seperti raket nyamuk. Jadi pintu/jendela tetap terbuka (apalagi kl tanpa AC), tapi nyamuk tidak bisa masuk/keluar dengan terhambatnya "raket nyamuk" yang berbentuk jendela/pintu tersebut.
    Kira2 bahan2nya apa saja ya mas? Dan apakah bisa bikin seperti itu?
    Karena kalau saya perhatikan di film2, di negara2 maju sebagian rumahnya dikasih kasa/penghalang seperti kasa/jaring2, nah saya koq berimajinasi penggabungan bahan raket nyamuk ya?
    Untuk pengembangan selanjutnya, imaginasi saya bikin seperti gazebo yang dikelilingi oleh kasa/bahan raket nyamuk, jadi bisa kongkow nyante tanpa diserbu musuh bebuyutan saya/nyamuk.
    Mohon jawabannya atau syukur2 bisa diskusi lewat email juga siapa tau saya diperbolehkan silaturahmi ke tempat mas untuk ngebahas lebih lanjut, karena saya buta dengan ilmu kelistrikan.
    Email saya: fbpesan@yahoo.com
    Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. dikasi lampu ultaraviolet aja mas dibelakang raket nyamuknya. tapi raketnya harus keadaan hidup biar bisa NYETOS nyamuk. itu dari pengalaman pribadi

      Hapus
    2. menggunakan lampu ultra violet ya?? seperti produk dari "anak bangsa" FALLE atau lampu anti nyamuk yang banyak dijual. boleh juga letakkan diluar jendela/ventilasi agar nyamuk tertarik ke lampunya bukan ke ventilasinya.

      ehm untuk penggunaan jala kasa ventilasi bertegangan tinggi, boleh saja, tinggal sambungin raket nyamuk itu ke kasa. lalu ubah yang tadinya pake batere, sekarang bikin power suplly 3v sebagai sumbernya.
      Namun sebaiknya hal ini diaplikasikan pada ventilasi yang tinggi, lebih tinggi dari tinggi orang dewasa


      Hapus
  9. Mas.. Saya mau tanya, transistor 2n2222a dan transistor 13001 itu kegunaan.nya sama atau tidak...??? Soal.nya saya nyari transistor 2n2222a sulit sekali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kegunaannya sama sebagai saklar,
      Namun pengaplikasiannya berbeda
      2n2222 digunakan untuk tegangan rendah
      130001 digunakan untuk tegangan tinggi

      untuk 2n2222a bisa diganti dengan c945, BC547, c828, bc337 dsb

      Hapus
  10. kebanyakan yang rusak itu dari batrae, transistor yg menuju ke trafo dan lilin pada rangkaian pcb

    BalasHapus
  11. Assalamualaikum,

    Kang apakah bisa share ttg penjernih udara nya saya tertarik, terimakasih
    Wassalam
    Rudy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam
      ya nanti kalo sudah ada modal saya bikin alatnya dan tutorialnya di blog ini
      btw gak usah menunggu Kang, soalnya modalnya wwwwaaaaahhh

      kalau masih minat bisa cari di instructables.com kata kuncinya ionizer atau air purifier

      Hapus
  12. gan mau tanya apa rangkaian raket nyamuk disambung ke flyback tv trus dijadiin stun gun bisa apa gak? apa arusnya masih rendah dan tidak berbahaya?? makasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmm kayaknya jangan deh, gimana bawanya??? hehehe
      lebih baik voltage multipliernya aja yang ditambah.
      raket nyamuk 30ribuan itu udah 1700volt
      rakut nyamuk bermerk biasanya 5000volt

      mungkin bukan stungun ya tapi taser. stungun itu yang ada pelurunya, dipakai polisi amerika,
      kalo yang banyak dijual di toko online itu yang biasanya digabung dengan "senter police" itu taser, sebenernya sih alat ini gak boleh dijual bebas. harus punya izinnya kayak senjata api. soalnya pernah baca di plank pengumuman waktu bikin SKCK.

      Untuk bela diri, lebih baik belajar beladiri atau pakai semprotan merica mbak....

      Hapus
  13. Kg saya belum ngerti raket nyamuk jd neon tabung yg 5w trus alatnya ada yg di ganti ga mksd saya transistornya...hm pling neon kuatnya brpa wat neon nya jwb ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah terjawab ya kang? Gak usah diganti, langsung aja sambungin kabel yang ke jala raket, sambunginnya ke kawat-kawat neon, persis kayak JTHV
      Kalo dulu kita bikin rangkaian sendiri, sekarang dengan raket nyamuk kita tinggal sambungin ke neon

      Saya belum tahu, tapi saya pernah pakai neon yang 55watt masih nyala (meskipun redup). Fotonya ada di pembahasan JTHV

      Hapus
  14. gan kalau pake transistor c945 resistornya ukuran berapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jujur ini pertanyaan paling sulit,
      harus ngitung arus, voltase dan juga hambatan pada lilitan,

      Tapi saya punya cara simplenya, resistornya ganti dulu dengan potensiometer 500k, lalu silahkan atur-atur sampai keluarannya maksimal.
      lepasin potensiometernya lalu ukur dengan avometer dapet deh nilai resistornya.

      Hapus
  15. Mas, kalau mau dihubungkan ke tabung CFL, kapasitor tantalumnya perlu dilepas, ya? Lalu, apakah perlu diganti dengan resistor? Ini saya dasarkan pada video yg ada di youtube.

    BalasHapus
    Balasan
    1. good, saya juga pernah mencoba dengan melepas kapasitornya dan dengan pakai kapasior.
      Jika rangkaian raket nyamuk ini langsung digukana ke tabung neon kapasitornya tidak usah dilepas.
      Namun jika akan ditambah voltage multiplier, lepas dulu kapasitornya.

      Hapus
    2. pengantian dengan resistor tidak diwajibkan
      coba aja lihat perbedaannya

      Hapus
  16. Kg saya mau tanya..raket nyamuk lilit L1 brpa lilit ya bang...bang apa aja alatnya kalau bikin sendiri kg bnyak ga rangkaian nya...bang pernah bikin raket nyamuk ga bang.klu udah bikin apa aja alatnya bls

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo rangkai ulang, tanpa mengganti trafo ferit? Artikel diatas

      kalo bikin ulang? belum, karena
      1. gak punya kawat emailnya,
      2. untuk lilitannya harus super rapi,
      yup seperti yang saya bilang, saya punya masalah di lilitan feritnya aja. Dari 4 raket nyamuk yang saya bongkar, saya hanya sekali membongkar trafo ferit, itupun gagal, soalnya lupa hitungan, perkiraan ada 1000lilit. Entahlah
      Jadi silahkan bongkar sendiri lilitan feritnya hehehe.

      Alat khusus disini hanya mesin gulung untuk melilit kawatnya pada ferit biar rapih. Jika sudah bisa melilit trafo ferit dengan rapi, saya kasih transistor D965 gratis deh. :D

      Hapus
  17. Kalau alat lain nya apa aja kang..masa transistor doang kang.ga pake tahanan atau dioda kg....saya punya kang ferit E nya sama lilitan nya bekas dri trafo kg..kg tahanan nya yg berapa kilo ksh tau ya bls

    BalasHapus
  18. Bang knpa ya lilit 2 & 3 yg 3lilit tpi ga nyala bang strum nya kan saya barusan di ubah lg ttp ga nyala.saya pake tp D882 kg.apakah harus pake D965 bang tp nya.tlg ksh tau ya..???

    BalasHapus
  19. hebat bos bisa memanfaatkan benda disekitar menjasi sesuai keinganan, cuma buat yang malas juga bisa beli yg jadi di toko online stungunmurah

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenarnya bukan malasnya, tapi kepuasannya, kepengentahuannya.
      contohnya sekarang dengan 25ribu bisa dapet sebuah jam tangan digital. tapi kalau bikin sendiri bisa 250ribu itupun buat jam dinding

      Hapus
  20. Kg boleh ga beli tp 965 20 buah aja kg bisa hmga saya serius kg mau beli...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sesuai janji saya, saya akan kasih gratis, cuma bayar buat onkos kirimnya aja ya...
      silahkan kirim alamatnya ke email saya srfc23 @ gmail.com

      Hapus
  21. Bisa buat maen sulap ini hahaha.... Bagi dong skema lengkapnya mas beserta rincian komponen-komponennya

    BalasHapus
  22. Bisa buat maen sulap ini hahaha.... Bagi dong skema lengkapnya mas beserta rincian komponen-komponennya

    BalasHapus
    Balasan
    1. nanti saya bahas kok, mungkin bulan depan, juli, agustus....
      tergantung finansial saya hheheheh
      kalau gak mau nunggu, silahkan cari "voltage multiflier"

      Hapus
  23. kang, kan ane mau bikin alat elektrostatik presipitator gtu. tp yg versi mini aja pake raket nyamuk ini. saya coba pake 1 raket nyamuk doang tp kyknya kurang tegangannya. nah klo saya seri sekitar 10 raket nyamuk bisa naikin tegangannya jg kan kang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak bisa,

      harus memakai rangkaian lain agar daya input besar sehingga daya output juga besar.

      Hapus
  24. Kang..saya lihatdi ikla penjual sepatu listrik ada yang menjual dengan 3000 V,5000,10.000,bahkan 20.000 volt,,itu benar gak sih kang atau tipu tipuan penjual saja biar menarik??? karena harganya jauh beda antara tegangan 250 volt,dan 20.000 vol ///mohon di balas.tku

    BalasHapus
  25. Kang sepatu listrik tsb yang menggunakan raket nyamuk,,,bisa gak di buat dengan daya atau tegangan ( maaf saya kurang tahu tepatnya ) sekitar 20.000 volt,,,dan kalau bisa apa kelebihannya dan apa kelemahannya dengan tegangan tinngi tersebut,,,,apakah kelemahannya mudah rusak atau ada yang lain????tku

    BalasHapus
  26. mas, gimana cara buat pemantik api unggun jarak jauh pake listrik, maaf ini pertanyaan orang awam elektro ... diyat di tegal

    BalasHapus
  27. Bismillah,
    Assalamua'alaikum,

    Mas, listrik AC/DC bisa terasa nyetrum it butuh berapa besar Ampere dan Voltnya? Misal tegangan listrik rumah 450 VA (220 volt, 2 A), kan bisa terasa nyetrum, tapi batrai 1,5 volt 2 A ko belum terasa nyetrum, kira-kira jika dinaikkan voltnya butuh brp volt untuk batrai tsb biar terasa nyetrum?
    Atau inverter 1,5 volt ke 220 volt, A nya 500 mA, juga belum nyetrum?
    Nah perbandingan antara volt dan ampere it ada rumusnya gk mas atau kapasitas hubngan antara volt dan ampere rata" jika d sentuh manusia bsa terasa nyetrum?

    Atau gmn mas sya blm faham, ada yg bilang jika nyetuh kabel d tiang listrik ktnya gk nyetrum sbb listik tsb blm digroundingkan ke tanah, kya burung yg bertengker d tiang listrik,, jd butuh ground ke tanah,, . .intinya bagaiman listrik AC/DC bisa trasa nyetrum it rumusnya ada gk mas?

    (maaf panjang pertnyaanya)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam

      Bagus sekali pertanyaannya.
      Ada gak perbandingan voltase dan arus bisa nyetrum orang? Kalo ada perbandingannya berapa?

      Sebenarnya ini ada hubungannya dengan artikel sepatu sulap / sepatu listrik. Namun karena saya belum punya alatnya, saya gak mau memberikan artikel dulu. Harus teori > praktek > posting artikel heheheh

      Jawab simple:
      Belum ada perbandingan pasti, karena itu tergantung pada besarnya hambatan pada tubuh manusia. Seperti yang anda bilang salah satunya adalah grounding. Orang megang listrik PLN 220v pun gak akan nyetrum kalo dia kagak napak ke "tanah" hehehe.
      Jadi semakin tinggi tegangan, arus yang dibutuhkan untuk mengalir ke tubuh kita pun harus mengecil, kalo tidak mengecil maka kita bisa innalillahi.... x__x



      Jawaban seenakgue :
      Nyetrum adalah kondisi tubuh kaget kesakitan karena terkena aliran listrik.

      Orang yang megang batere 1,5v 2A sebenarnya listriknya mengalir ke tubuhnya tapi kenapa tidak nyetrum? ya...itu karena tidak kesakitan. Ditambah, arus yang mengalir ke tubuh itu besar atau kecil? kembali lagi tergantung pada hambatan tubuh itu sendiri.

      Oh iya yang paling berperan dalam nyetrum atau tidaknya listrik bukanlah "besarnya tegangan" tapi "banyaknya arus".

      Tegangan > menentukan bisa atau tidaknya orang kesetrum > dengan menghitung hambatan tubuh kita
      Arus > menentukan sakit atau tidaknya setruman > berdasarkan hambatan tubuh dan besarnya tegangan
      Lagi-lagi hukum Ohm


      Sedikit tentang hubungan daya, arus dan tegangan klik http://www.dadanpurnama.com/2015/01/hubungan-daya-energi-tegangan-dan-arus.html

      Hapus
  28. Buat @ardani dan @diyat, maaf saya baru login lagi, jadi baru terbaca, namun belum bisa saya jawab karena tidak mengetahui/mempunyai hal tersebut.

    BalasHapus
  29. permisi mas saya mau tanya...emm kan rencananya saya mau buat mini tesla coil dan itu butuhnya transistor 2n2222,dengan baterai 9v ....dan daripada saya kesulitan cari transistornya nih ..saya mau tanya kalo seandainya saya memakai listrik rumah (jadi ya tinggi teganganya) itu saya butuh transistor yang tipe berapa ya mas ? terima kasih ..tolong dijawan ya mas


    maaf juga bukan bermaksut anomym .tapi saya nggak tau cara log in ini :v saya edwin maulana ..senang bisa melihat blog nya mas nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo
      pengganti 2n2222 bisa mengunakan BC337 , BC547, C945
      problem solved heheeheh
      =======

      pasar elektro indonesia kayaknya jarang yang menjual transistor tegangan 220v apalagi kriteria mirip 2n2222.
      Jika masih penasaran, alternatif bisa menggunakan transistor 13001 / 13003 yang ada di setiap lampu neon hemat energi.
      ============

      Ada baiknya tegangan diturunkan dahulu, lalu dinaikkan lagi dengan prinsip inverter itu.

      Kalau mau instan, gunakan saja rangkaian lampu neon, tweak dikit, jadilah power supply untuk inverter-tesla



      Hapus

Silakan tinggalkan komentar, kritik, saran, spam atau apa saja yang penting sopan dan tidak SARA ya....

Jika ada pertanyaan atau request yang penting, bisa hubungi Admin di How to Contact

Terima kasih,
Dadan Purnama