Jumat, 11 Desember 2015

KripikPasta : Lagu Indonesia yang Misterius


creepypasta lucu

Kripik Pasta adalah sebuah sebutan untuk menyindir istilah creepypasta. Sama seperti istilah google, rage, meme, internet, dlsb, creepypasta juga menyeleweng (baca : berkembang) dari istilah, tujuan dan fungsi aslinya. Dulu seaktu saya masih menjadi meme maker, ketika ada yang salah dalam penggunaan meme, maka meme maker senior menteriaki saya dengan MISSUSED DUDE! Saya tidak marah memang saya salah. Lalu rage dan meme semakin dikenal dan berkembang, ketika ada meme atau rage yang missused, meme maker tersebut malah bilang "why so serious??? :v" . Watdefak. Okelah kami menyerah, akhirnya meme dan rage sekarang hanya dikenal sebagai komik biasa untuk having fun saja. Bahkan sekarang sering dijadikan senjata untuk penggiringan opini politik, sosial dan budaya.
logo kripikpasta
Logo Kripik Pasta

Kembali ke creepypasta, terdiri dari dua kata creepy yang artinya menakutkan dan pasta berasal dari kata paste (istilah komputer untuk menempelkan hasil copy atau move). creepypasta adalah cerita yang ditulis ulang dengan ditambahkan bumbu-bumbu agar lebih menarik. Dulunya bumbu-bumbu yang menakutkan, dibuat untuk komunitas tertentu (ya itu komunitas penggemar creepypasta). Pernah dengar yang ini : cerita asli cinderella yang sadis? atau pernah dengar episode redmist dari spongebob? Itulah creepypasta pada awalnya. Setelah creepypasta meluas, ceritanya pun bukan tentang cerita yang ditambah bumbu horror lagi, namun ada bumbu hoax dan bumbu misteri. Bahkan mereka bukan lagi menulis ulang cerita yang sudah ada, tetapi membuat cerita yang baru. Tujuannya pun berkembang, hanya sekedar iseng, bikin hoax dan juga untuk promosi.

Bagi para pebisnis, dalam hal ini blogger atau webmaster yang blogging for money. Ini adalah ladang basah untuk mencari si merah. Mereka mengambil sebagian atau seluruh cerita tersebut lalu ditambah bumbu lagi lagi lagi. Sehingga semakin berkembang dan jadilah hoax. Sebagai contoh Video misterius Mereana Mordegard Glesgorv.Awalnya creepypasta maker membuat cerita, lalu untuk menambah kesan creepy, dia membuat video pendukung tersebut. Seorang blogger lalu menyalin cerita tersebut. Disalin lagi oleh blogger lain, disalin lagi, ditambah bumbu lagi, ubah-ubah dikit lalu : "Video ini dihapus oleh Youtube karena memakan banyak korban". Akhirnya pembaca yang tak tahu apa-apa menjadi korban.
Silahkan baca penjelasannya di blog enigmablogger com/2010/12/video-misterius-mereana-mordegard.html

Artikel Kripik Pasta ini khusus saya buat sebagai counter atau tandingan dari cerita hoax, urband legend, creepypasta, viral marketing dan sebagainya, ya mirip-mirip situs antihoax atau situsnya bang enigma xfiles lah. hehehe. Lagian kan dulu juga pernah bahas tentang kucing naik turun tangga dan dress gate, dll, yang belum ada kategorinya. Ada sih kategorinya yaitu gambar unik, hoax, dan internet. hehehe. Kedepannya blog ini akan saya buat beberapa kategori utama: Pribadi, Komputer, Kripik Pasta, Internet, Elektronik dan (akan bertambah mungkin) :D.

Bahasan pertama untuk peresmian kategori Kripik Pasta ini adalah 10 Lagu Indonesia yang Misterius dari kaskus yang hari ini menjadi hot thread. Saya ambil sebagian saja.

1. Lingsir Wengi

Beberapa orang termasuk saya menyebutnya Lengser Wengi. Berikut kutipan dari trik di Kaskus tersebut :
"Lagu ini sudah terkenal di telinga orang Indonesia sebagai salah satu lagu misterius. Pasalnya lagu ini dipercaya sebagai alunan musik yang mengiring kata-kata dan kalimat sebagai pemanggil arwah. Lagu ini bukanlah sembarang lagu karena menggunakan aturan pembuatan syair dalam salah satu jenis macapat atau lagu Jawa yaitu Durmo. Durmo sendiri merupakan lagu yang tujuannya memang untuk memanggil arwah atau berhubungan dengan mereka yang ‘hidup’ di dunia yang berbeda."
Lingsir wengi pertama kali diciptakan oleh Sunan Kalijaga, liriknya bermakna untuk memperingati makhluk gaib kafir untuk tidak menggangu. Toh dasarnya (sebut saja) jin kafir tugasnya mengganggu manusia. Sama saja seperti sebuah rumah dengan tulisan "Jangan maling! rumah ini dipasangi CCTV". Lalu arti lengser wengi berubah menjadi lagu pemanggil setan setelah rilis film kuntilanak karya Rizal M. Tentu saja lirik asli lengser wengi ini berubah dari "Sweeper jangan mencuri" menjadi "GUE GAK TAKUT SAMA LOE SETTAAAANNN".
Kesimpulan : Viral Marketing!

2. Nina Bobo

Nina Bobo, sama seperti lagu lain seperti yang diciptakan oleh NN. Waktu saya kecil, saya diperkenalkan lagu ini dengan dua baris saja ya nama saya Dadan bukan Nina. Nina bobo oh nina bobo. Kalau tidak bobo digigit nyamuk. Ternyata liriknya 1 bait 4 baris yang juga ada dua versi.
Versi 1
Nina bobo oh nina bobo
kalau tidak bobo digigit nyamuk.
Marilah bobo oh nona manis,
kalau tidak bobo digigit nyamuk.
Versi 2
Nina bobo oh nina bobo
kalau tidak bobo digigit nyamuk.
Bobolah bobo adikku sayang,
kalau tidak bobo digigit nyamuk.
Kutipan di kaskus :
"Meski sering dinyanyikan sebagai lagu pengantar tidur bagi anak-anak, ternyata lagu ini menyimpan kisah yang memilukan sekaligus mistis. Nina awalnya adalah nama seorang anak kecil. Setiap hendak tidur sang Ibu selalu menyanyikan lagu ini untuk mengantarnya tidur. Suatu saat anak ini meninggal dan membuat sang Ibu depresi. Rasa tertekan yang dialami Ibunya begitu besar hingga sang Ibu masih kerap menyanyikan lagu ini seolah sang anak masih ada dan hendak tidur. Kabar yang beredar bahwa bila menyanyikan lagu ini selama 3 kali berturut-turut dalam suasana hening dan gelap, penyanyinya akan didatangi oleh arwah Nina"

Mulai dari sini saya adakan penelusuran di Google dengan tujuan : mencari siapa yang pertama menulisnya di internet berdasarkan crawl google. Lalu saya menemukan ada tiga versi cerita nina bobo ini. Versi Helenina, Versi Nina Van Mijk, dan Versi Wikipedia. 

Versi Helenina 
pertama kali diposting secara lengkap pada tanggal 26 April 2012 jam 16:24GMT00 (23:24WIB) oleh blogger Muhammad Wildan wildanspace.wordpress.com, diapun mengaku dapet cerita ini dari akun twitter @poconggg & ganesh.gamer@yahoo.com
Nyari lagi dapet kultit terakir : "@Poconggg: Cerita malem ini gue dpt dari email ganesh.gamer@yahoo.com. Thank" jam 23.10WIB
Nyari terus dapet twit paragraf pertama





 Saya sudah menghubungi email yang dimaksud namun belum ada jawaban

Versi Nina Van Mijk
Selama tahun 2000-2005 nama itu muncul namun ternyata url artikelnya bertahun 2014.
Selama 2006-2010 ada satu link yaitu mengacu pada tulisan dari situs UGM.ac.id itupun saya yakin salah ketik dari "van Wijk, C.L."
Selama 2011 ada satu link pertama yang menyebut nina van mijk pada tanggal 31 Januari 2011, Namun tidak ada sumber artikel. Karena namanya ceritakaskus.blogspot maka saya cari di kaskus dan menemukan link pertama pada 26 November 2012 itupun mengarah pada forum devilc0de pada 07-03-2012 01:36PM yang tidak disertai sumber dengan TS username KEi
Pada tahun 2012 sampai sekarang, kisah tersebut makin berkembang dan saya diabaikan
Jadi versi Nina van Mijk ini belum ada diinternet pada tahun 2010. Dengan catatan keterbatasan google dalam mengindex. Jadi dengan pencarian google ada missing link antara ceritakaskus(januari 2011) dan KEi(maret 2012).
Entahlah jika dalam artikel situs berbahasa lain. Karena saya selalu dapet google indonesia.
Kesimpulan : hanya lagu dari mulut ke mulut kemudian dibikin versi creepypasta

3. Lagu Takdir

Nah yang ini saya baru denger (kudet euuyyy). Kutipan di kaskus :
"Dikabarkan lagu ini muncul di Youtube tahun 2012 dan beberapa pihak memberikan kesaksian bahwa lagu ini dapat mempengaruhi mental dan perilaku pendengarnya. Beberapa orang bahkan mengakui mengalami hal-hal aneh ketika mencoba mendengarkan lagu ini. Pada awal lagu terdengar suara berdenging dan di sinilah kesaksian para pendengarnya yang mengaku mendengar suara misterius seperti suara langkah yang tidak jelas dari mana asalnya"

Pertama pencarian tanpa filter dengan keyword : video lagu takdir, (saya menggunakan 'video' karena "Dikabarkan lagu ini muncul di Youtube" langsung muncul 2 video bertahun 2012 :
misteri lagu takdir di youtubr

Video Pertama oleh Bayangan Hitam
Diterbitkan tanggal 31 Agustus 2012 mengambil dari banganeh blogspot, maka saya cari ada dua post. 
Saya ambil yang kedua karena berdasarkan videonya namanya Lita dari Pati, Jawa Tengah. Ternyata link kedua adalah analisis dari lagu takdir yang menunjukkan tidak ada keanehan dalam lagu tersebut dari pandangan musisi, hanya persepsi pendengarlah yang mengatakan itu lagu ada sesuatunya. Analisis ini juga adalah analisis dari cerita yang bersumber pada bangartis blogspot . Lalu pada link pertama diungkap ternyata pencipta lagu ini adalah Ryo Dito, seorang pemain band dari Pati, Jawa Tengah. Lanjutin bacanya!
misteri lagu takdir banganeh.blogspot 
Kedua link diatas bertanggal Agustus 2014 (Mitos Hantu Lita blabla) dan Desember 2014 (Biodata Ryo Dito). Aneh yup? Di video oleh Bayangan Hitam, diterbitkan tahun 2012, tapi bersumber pada artikel tahun 2014. 
Artikel Agustus 2014 itu pun bersumber pada artikel Oktober 2014 (dari blog bagartis)! Mungkin saja keterangan di video itu dimodif. Ya mungkin saja! Mungkin saja artikel di banganeh diedit setelah bangartis bikin artikel. Ya mungkin saja!

Oke saya sebagai pembaca biasa, menyimpulkan kronologinya begini :
  • 31 Agustus 2012, Diunggah ke youtube dengan deskripsi cerita misteri.
  • Entah kapan, deskripsi itu diedit sehingga ditambahkan link banganeh tanpa merubah deskripsi
  • Agustus 2014, banganeh membuat artikel analisa
  • Entah kapan, artikel itu diedit sehingga ditambahkan sumber analisa dari bangartis
  • 1 Oktober 2014, bangartis memposting artikel certita mister lagu takdir.

Tapiiiii saya sebagai blogger, maka kronologinya seperti ini :
  1. 31 Agustus 2012 Diunggah ke youtube dengan deskripsi cerita misteri.
  2. Entah kapan deskripsi itu diedit sehingga ditambahkan link banganeh tanpa merubah deskripsi
  3. Bulan Oktober 2014 banganeh membuat artikel analisa yang bersumber pada bangartis
  4. 1 Oktober 2014 bangartis memposting artikel certita mister lagu takdir.

Loh kan tanggal di banganeh itu agustus 2014. Yup inilah keistimewaan blogger, bisa membuat tanggal posting semau-nya. Termasuk memundurkan waktu posting. Jadi dia bikin pada oktober namun pada jadwal posting dibikin agustus 2014.

Saya juga pernah, yaitu pada artikel jasa pelacak penipu dan HBD Suci Lestari. Tanggal 26 April saya menjadwalkan artikel terlacak penipu pada 27-4-2015 jam 01.00. 
 
Lalu 28 April saya membuat artikel HBD shucayniknum pada yang dijadwalkan pada tanggal 27-4-2015 jam 00.00. Jadi meskipun artikel pelacak adalah yang pertama dipublish, tetap saja artikel terlacak yang dihitung dipublish setelah hbd sl. Sehingga tampilan homepage tetap artikel terlacak, bukan artikel SuLe
fitur jadwal posting blogger

Kesimpulan sementara: Video dari Bayangan Hitam ini adalah sumber dari mitos : "Dikabarkan lagu ini muncul di Youtube tahun 2012".

Lanjutin ke video Kedua :
Video kedua diupload oleh Pontianak Barat, video ini diterbitkan tanggal 25 Oktober 2012, dengan sumber musik lagu mp3 nya berasal dari 4shared. dan ketika saya lihat halamannya, sudah diunggah 3 tahun lalu dan ada 169 komentar. REKOR BARU!!!!!!! Baru kali ini saya lihat ada komen di 4shared nyampe ratusan. Kemungkinan video ini diunggah pada tanggal 26 Juli 2012 oleh Ronal S. Apakah ini adalah sumber pertama?
Berbekal url 4shared tersebut, saya menemukan link pertama dari anehcuy blogspot.com/2012/07/misteri-lagu-takdir-lagu-yang-dapat.html tapi sekarang blog tersebut sudah dihapus. Tenang dulu ada mesin waktu, inilah tampilannya.
misteri lagu takdir mp3 4shared 

 artikel misteri lagu takdir anehcuy.blogspot

Diposting pada 28 Juli 2012 dengan tanpa sumber namun mempunyai link mp3 ke 4shared diatas
HOALAH pantes banyak komentar, dari anehcuy => lintas me  => kaskus

Kesimpulan sementara kedua: Blog ini adalah sumber cerita : Misteri Lagu Takdir

Ada yang aneh!
Link image dari anehcuy blogspot.com/2012/07/misteri-lagu-takdir-lagu-yang-dapat.html masih bisa diakses


gambar ini menggunakan direct link original misteri lagu takdir


Artinya akun google/admin blog ini masih ada di google. Jadi blog dihapus atau berganti nama saja. Kembali lagi ke mesin waktu, di sana ada fb fanpage widget. Saya buka halaman fb tersebut, dan menemukan ini : 

 

Artikel blog anehcuy pada tahun 2012 dipecahkan oleh blog banganeh tahun 2014.
Apakah admin anehcuy menghapus blognya atau mengganti namanya menjadi banganeh atau fanpage fb ini dijual kepada admin banganeh?
Apakah user youtube Bayangan Hitam adalah admin blog BangAneh dan AnehCuy?

Ini buktinya :


aneh banget cuy dan bayangan hitam mempunyai avatar yang sama.

Kesimpulan Misteri Lagu Takdir :
Jadi Ryo Dito, membuat mitos / urband legend / creepypasta ini untuk promo bandnya sendiri. Namun penggiringan opini blog banganeh yang mengungkap ryo dito adalah penciptanya, gagal, yang terkenal adalah lagunya, liriknya, cermisnya, bukan band dia.
 
Okeylah saya bantu promosi : Misteri Lagu [dan Video] takdir ini adalah viral marketing dari Keyboardis di VerticalBand, Ryo Dito.

===============================



WAAAAHHH panjang banget harusnya Misteri Lagu Takdir dijadiin artikel sendiri nih!

Udah ah tiga aja dulu. Capek ngetik dan kasihan kuota internet. Untuk lagu lain silahkan cari sendiri pake teknik google dan mesin archive seperti saya di atas, saya yakin lagu dari band terkenal kayak peterpan, samsons, dsb saya yakin itu semua hanya viral marketing bikinan promotor. 

Selain lingsir wengi saya juga baru ingat, tentang angka 13 eh salah bukan angka tiga belas tapi bilangan tiga belas. Kalo angka, itu mah angka satu dan tiga. Ya kan?!. Bilangan yang biasa banget bagi orang tua Indonesia. Zaman berkembang, bilangan 13 mencoba masuk budaya Indonesia oleh para pecinta teori konspirasi. Namun karena tidak masuk akal terkesan mengada-ngada bilangan ini gagal. Kemudian setelah memudarnya diskriminasi etnis tiongkok dan WN china, bilangan 13 ini berhasil masuk menjadi bilangan pembawa sial dan membudaya di Indonesia.




PERHATIAN

Sudah lebih dari satu tahun saya tidak mempunyai HP atau HH. Meskipun saya mempunyai modem dan kartu yang masih aktif, tapi saya tidak punya pulsa dan jarang mengisi kuota untuk membalas pesan, telepon ataupun komentar Anda. Jadi mulai hari ini sampai waktu yang tidak ditetapkan, segala bentuk komunikasi kepada saya hanya melalui email saja. Jika Anda ingin menghubungi saya karena keadaan darurat (misalnya minta bantuan FB kena hack), silahkan baca dan pahami link ini, jika Anda menginginkan respon dari saya.

Mohon maaf apabila ada pesan, komentar, dan permintaan teman di facebook yang belum/tidak terbalas. Harap maklum.


Terima kasih
Dadan Purnama


0 komentar:

Poskan Komentar

Silakan tinggalkan komentar, kritik, saran, spam atau apa saja yang penting sopan dan tidak SARA ya....

Jika ada pertanyaan atau request yang penting, bisa hubungi Admin di How to Contact

Terima kasih,
Dadan Purnama