Rabu, 13 Januari 2010

Manfaat petai sebagai obat


Lagi malas posting nih….Loading blog ini jadi lama, terus tempat penyimpanan di (www.co.cc) gak bisa diakses lagi (Pakai web file sharing dong)(ah males,,, kalo gak iklan, hitungan mundur…. Nyusahin pendownload yang awam)(freedomain lain gimana?)(lagi males!)


Tadi pagi pas mau berangkat, aku ngelirik kliping yang dibaca adikku. Isinya tentang peuteuy alias pete atau petai. Wah pas banget di daerahku (Garut) sedang musim peuteuy. (Maklum dipekarangan ada pohonnya sedang berbuah….)(pantesan tiap hari bau mulut)(husssshhh ssstttt)


Pasti semua tahu si buah polong ini. Ya…karena baunya yang khas, selain dijadikan sebagai coel sambel, petai juga dijadikan campuran dalam sambal goreng kentang atau makanan lain. Ternyata dibalik baunya yang “sedap”, terdapat manfaat yang luar biasa untuk si polong bau ini.


Buah petai mengandung tiga macam gula alami, yaitu glukosa, fruktosa, dan sukrosa yang dikombinasikan dengan serat. Kombinasi kandungan ini mampu memberikan dorongan tenaga yang alami namun cukup lama dan besar pengaruhnya. Penelitian membuktikan dua porsi petai mampu memberikan tenaga untuk aktivitas berat selama 90 menit.


Riset membuktikan bahwa petai tidak hanya memberikan tambahan energi saja, namun mampu mencegah dan mengobati penyakit dan kondisi buruk. Berikut manfaat si big bean :



Tekanan darah tinggi

Peuteuy mengandung kalium yang tinggi, namun rendah garam sehigga sangat sempurna untuk memerangi tekanan darah tinggi. Katanya FDA (BPOM nya amrik) mengizinkan perkebunan petai untuk meresmikan kemampuan buah ini sebagai penurun resiko tekanan darah dan stroke


Kemampuan Otak

Telah disebutkan di atas, petai mempunyai kandungan kalium yang tinggi. Riset membuktikan buah berkalium tinggi membantu proses belajar dengan membantu siswa semakin waspada


Obat mabuk (mabuk perjalanan)

Salah satu cara yang paling cepat untuk menyembuh mabuk adalah dengan membuat milkshake peuteuy yang dibuat dengan menambahkan madu. Pete sebagai penenang perut, dan madu sebagai penstabil gula darah yang jatuh. Kalau milk alias 5 sempurna akan memperbaiki kadar cairan dalam tubuh


Menghilangkan depresi

Katanya MIND (aku gak tahu apa MIND cari sendiri ka si om google) melakukan survey. Diantara pasien penderita depresi, banyak yang merasa lebih baik setelah makan big polong ini. Hal ini karena petai mengandung tryptophan yang akan membuat kita relaks dan memperbaiki hasrat/minat.


Mengatasi kegemukan

Penelitian lagi, kali ini dari Institute of Psychology, Austria. Saat kita panik atau tekanan kerja tinggi, nafsu mengemil menjadi bertambah. Hal ini membuat mereka menjadi gemuk. Untuk mengatasi nafsu mengemil itu, makanlah peuteuy. Peuteuy bisa mengembalikan kadar gula dalam darah agar nafsu mengemilnya berkurang.


Mengatasi stress

Petai kan mempunyai kadar kalium yang tinggi. Nah si kalium ini berfungsi untuk membantu menormalkan detak jantung, mengirim oksigen ke otak dan mengatur keseimbangan cairan tubuh. Ketika kita stress kadar kalium dalam tubuh kita turun secara drastis. Hal ini dapt diseimbangkan lagi dengan makan si pete ini



Mengobati luka lambung

Petai mampu menetralkan asam lambung dan mengurangi iritasi dengan melapisi permukaan dalam lambung


Mengatur suhu tubuh
Banyak budaya lain yang melihat bahwa peuteuy mampu menurunkan suhu tubuh dan mengembalikan emosi ibu yang menantikan kelahiran anaknya. Contohnya nih, di Belanda seorang ibu hamil akan makan petai untuk meyakinkan agar bayinya lahir dengan suhu tidak tingggi


Mengobati sembelit

Karena mengandung serat tinggi, buah ini mempermudah untuk menormalkan kembali aksi pencernaan, serta membantu perasalahan sembelit.


Mencegah sindrom prahaid

Jika anda mengalami nya saat datang bulan, anda tidak perlu makan obat dulu, cukup dengan makan buah ini. Karena Vitamin B yang terkandung di dalamnya dapat mengatur kadar gula darah


Membantu proses berhenti merokok

Bersama-sama dengan kalium dan magnesium, Vit. B6 dan B12 yang terdapat dalam buah ini dapat membantu tubuh dalam proses penyembuhan dari efek penghentian nikotin



Selain manfaat diatas, si buah bau ini mempunyai manfaat lain yaitu : mencegah anemia, mual di pagi hari, gigitan nyamuk dan penyakit emosional yang kacau.



Namun tahukah anda cara menghilangkan bau mulut setelah makan peuteuy ? Inilah cara menghilangkan bau mulut akibat si buah bau :
1. Dengan memakan bonteng setelah makan buah bau ini (resep dari nenek)
2. Dengan memakan kopi. Setelah makan, ambil satu sendok kopi yang tak dicampur apapun (gula/susu/moka) lalu makanlah kopi itu. Usahakan mainkan di dalam mulut dengan segelas air, kalo sudah merata, bisa dimuntahkan atau ditelan aja (resep dari dorce)
3. Dengan menggosok gigi khusus pasta gigi anti bau mulut, kalo aku merek open down




Kalo aku ngelakuin ketiga cara diatas loh….




Oh iya… pernah denger nih katanya Rasulullah SAW tidak suka dengan yang bau-bau. Katanya lagi makan petai (atau buah bau lainnya) hukumnya makruh.

Sumber : (Pirkiran Rakyat atau Priangan ya...ah pokoknya sumbernbya dari surat kabar we)


PERHATIAN

Sudah lebih dari satu tahun saya tidak mempunyai HP atau HH. Meskipun saya mempunyai modem dan kartu yang masih aktif, tapi saya tidak punya pulsa dan jarang mengisi kuota untuk membalas pesan, telepon ataupun komentar Anda. Jadi mulai hari ini sampai waktu yang tidak ditetapkan, segala bentuk komunikasi kepada saya hanya melalui email saja. Jika Anda ingin menghubungi saya karena keadaan darurat (misalnya minta bantuan FB kena hack), silahkan baca dan pahami link ini, jika Anda menginginkan respon dari saya.

Mohon maaf apabila ada pesan, komentar, dan permintaan teman di facebook yang belum/tidak terbalas. Harap maklum.


Terima kasih
Dadan Purnama


0 komentar:

Poskan Komentar

Silakan tinggalkan komentar, kritik, saran, spam atau apa saja yang penting sopan dan tidak SARA ya....

Jika ada pertanyaan atau request yang penting, bisa hubungi Admin di How to Contact

Terima kasih,
Dadan Purnama