Jumat, 18 Agustus 2017

Review Trixogo, Pasar Aplikasi Premium dan Game Freemium nyaris Gratis

Beberapa minggu yang lalu dapat sms dari Trixogo isinya tentang promo aplikasi premium gratis selama 7 hari untuk pelanggan baru. Setelah mencari tahu apa, siapa, bagaimana itu Trixogo saya jadi penasaran dan berminat bergabung. Toh tujuh hari gratis, pada hari keenam bisa berhenti berlangganan, pikir saya. Pada waktu itu saya mencoba aplikasi Alarm. Namun belum sempat saya pakai, saya kembali tidak punya hp karena rusak lagi...πŸ€• Lalu beberapa minggu kemudian sudah punya hp lagi dan melanjutkan rasa penasaran saya.

Sudah diketahui Tri merupakan operator dengan paket internet termurah* dan tidak mengecewakan**. Ketika pulsa saya tinggal 4ribu sekian, saya bingung mau beli paket yang 100MB Rp1.500 atau 200MB Rp2.000. Lalu saya lihat paket GameMax Rp2.000 dapet kuota 100MB plus langganan Trixogo selama 1 hari. Yup saya pilih paket ini. πŸ™‹

Setelah teraktivasi saya langsung mengunjungi situs yang dimaksud via browser android. Di Trixogo keanggotaan saya langsung terdeteksi dan siap untuk mengunduh aplikasi dan game premium gratis. Benarkah?

Pertama kali melihat halaman awal Trixogo saya lihat memang ada beberapa aplikasi yang setahu berbayar bisa diunduh. Dengan keterangan harga awal yang dicoret menjadi Rp0 ditambah tombol download saya lalu mengeceknya di Google Play Store. Sebagai contoh saya pilih aplikasi Alarmy. Di GPlayStore, aplikasi ini terdapat dua versi, yang pertama versi gratis dan versi berbayar seharga Rp34.000.


Perbedaannya sendiri adalah adanya iklan pada versi gratisnya. Kembali ke Trixogo, di sini harga awalnya Rp53ribu-an, saya mencoba mengunduh dan mencoba aplikasi Alarmy ini. Memang saat digunakan tidak ada iklan.

Untuk memudahkan pemakaian saya mendownload aplikasi Trixogo. Lalu saya mencoba mendownload game premium yaitu Blek. Di GPlayStore game ini tidak menyediakan trial/versi gratisnya. Blek dijual dengan harga Rp37.000. Lagi-lagi di Trixogo harga awal game ini berharga lebih tinggi. Sayangnya pada aplikasi Trixogo ini ada hambatan, yaitu saat mendownloadnya selalu diperingati bahwa koneksi lambat. Maklum saja jam segini tuh jam paling sibuk, paling lambat buat internetan.


Lalu saya mencoba mendownloadnya pakai kartu Axis tapi tetap saja lambat. Saya iseng mendownload versi bajakan di internet, anehnya kecepatan bisa dibilang normal. Tahu aplikasi Trixogo ini tidak berjalan normal, saya lanjutkan kembali memakai web Trixogo.

Selanjutnya dengan game freemium, game yang bisa diunduh dan dimainkan gratis namun ada item premium yang bisa dibeli dengan uang. Sebagai percobaan saya mencoba mengunduh game 1943 Deadly Desert buatan Herocraft.

Di GPlayStore game 1943 Deadly Desert ini dibeli keterangan IAP / InApp Purchase / Pembelian dalam aplikasi. Harga itemnya sendiri dalam hal ini item Gold dihargai Rp36.000 sampai Rp1,2jutaan. Kembali ke Trixogo yang menjanjikan pembelian item di dalam game ini gratis.

Pertama saya mendownload game Deadly Desert ini dari GPlayStore. Benar saja harga itemnya mulai dari Rp 36ribu sampai Rp1,2jutaan.

Selanjutnya saya mendownload game Deadly Desert ini dari Trixogo. Ternyata terbukti harga item di dalam game ini gratis.
======

Dari pengalaman saya mencoba aplikasi dan paket Trixogo, tentu ada kelebihan dan kekurangannya.

Kekurangan Trixogo
Kekurangannya itu lebih ke masalah teknik, seperti :
- Harga awal yang tidak terupdate, mungkin saja harga awal ini harga lama atau harga aplikasi di GPlayStore sedang mengadakan diskon.
- Versi aplikasi yang tidak diperbaharui, di GPlayStore ada beberapa aplikasi dan game yang sudah memiliki versi baru
- Aplikasi Trixogo seperti membatasi kecepatan koneksi internet. Sewaktu saya mencoba mengunduh dari aplikasi Trixogo selalu diperingati bahwa koneksi saya lambat.
- Jumlah aplikasi dan game yang kurang banyak. Di sana tertulis lebih dari 300 apk premium, namun lebih dari 300 ini kurang dari 1.000 kan, bahkan kurang dari 400.

Lalu untuk kelebihan Trixogo itu tergantung pada user sendiri. Dengan Rp5.500 perminggu user bisa menikmati ratusan game dan aplikasi premium dengan minimal rating 4 di GPlayStore. Harga segini sudahlah murah bagi anda penikmat  jerih payah developer. Selain legal anda juga mendukung developer untuk terus berkarya. 😚

Namun saya belum mengetahui bagaimana bila harga aplikasi ini dibawah harga berlangganan Trixogo. Misalnya aplikasi Alarmy, harga awalnya Rp34.000, jika kita berlangganan Trixogo maka pada minggu ke delapan kita sudah bisa dibilang lunas, apakah pada minggu ke sembilan kita dibebaskan dari biaya berlangganan atau tidak.

Meskipun hal ini tidak mungkin, masa selama 8 minggu kita hanya menggunakan sebuah aplikasi πŸ€”. Namun bagi seorang gamer sejati, harga berlangganan ini tenntulah sangatlah murah, bayangkan jika kita membeli item pada game ini melalui Play Store. Contohnya harga item Gold pada Deadly Desert, minimal kita mengeluarkan uang Rp64ribu sampai Rp1,2juta. Emangnya kita membeli cuma satu kali aja? Jadi berlangganan Trixogo adalah jawabannya.

Oh iya biaya Rp5.500 perminggu ini hanya biaya berlangganan Trixogo ya, untuk mendownload kita harus beli paket internet lagi atau cari Wi-Fi tetangga ajah πŸ˜‚Atau pengguna Tri seperti saya bisa membeli paket internet GameMax seperti saya, harga segitu sudah termasuk kuota yang bisa dipakai untuk apa saja ditambah gratis berlangganan Trixogo selama beberapa waktu.

Oh iya, langganan Trixogo ini bukan hanya digunakan untuk mendownload saja tetapi juga untuk memverifikasi status sewa aplikasi ini. Karena aplikasi dan game yang diunduh dari Trixogo dibuat khusus agar mengetahui status berlangganan. Jika kita tidak berlangganan Trixogo atau status berlangganan berakhir, maka kita tidak bisa menggunakan lagi aplikasi dan game dari Trixogo ini sampai kita berlangganan lagi.

Akhirnya sampai pada akhir postingan kali ini. Syukurlah setelah komputer terjual, saya bisa membeli hp meskipun rusak lagi. Untunglah ada sahabat saya yang memberikan hpnyaπŸ€— sehingga saya bisa aktif blogging lagi. Jika anda ingat, ada pesan dalam kotak hijau yang kini telah dihilangka. Selama ini maaf cuma baca komentar blog ini dan pesan-pesan di facebook tanpa membalasnya. Terima kasih juga atas masukan dan requestnya, salah satunya gambar di perangkat mobile yang melebihi batas. Akhirnya dengan pertimbangan yang matang saya memperbaiki tampilan blog ini.

Banyak ide-ide yang tak keluar selama saya offline, semoga kedepannya saya bisa aktif blogging lagi.

Terima kasih,
Dadan Purnama










πŸ€” Hmm verifikasi ke server ya?
😈 Iya
πŸ™„ Bisa diakalin gak?
😈 Bisa
😍 Mana atuh minta caranya, triknya
πŸ‘Ώ Good bye bye


πŸ“£Tutorial Bypass Verifikasi Langganan Trixogo



0 komentar :

Posting Komentar

Silakan tinggalkan komentar, kritik, saran atau apa saja yang penting sopan dan tidak SARA ya....

Jika ada pertanyaan atau request yang penting, bisa hubungi Admin di How to Contact

Terima kasih,
Dadan Purnama