[TUTORIAL] Cara Mengembalikan Akun Facebook yang Diretas/Dibajak/Di-Hack.


Saat ini banyak banget akun facebook orang Indonesia yang dibajak, terutama dibajak oleh orang Vietnam. Ketika membajak akun orang Indonesia dan kebetulan akun yang dibajak adalah seorang Admin Grup di facebook, Maka dia akan memasukkan teman-teman akun yang di bajak ke grup itu, setelah dia merubah namanya ke nama orang Vietnam. Begitu juga jika akun yang dibajak bukan seorang Admin, maka akun yang dibajak akan memasukkan ke grup yang dibajak dan memasukkan teman-teman akun ke grup tersebut.

Tak heran jika sebuah grup punya anggota sampai ratusan ribu. Saya belum tahu apa tujuannya. Sudah dua kali pembajakan akun oleh orang Vietnam. Jika dulu pada artikel pembajakan oleh Orang Vietnam dengan trik link porno agar mendapat page view pada sebuah blog. Saat ini pembajak tersebut belum melakukan apapun selain memasukkan orang-orang ke grup facebook. Saya belum tahu apakah grup ini akan dijual atau akan dijadikan sebagai media promosi, seperti pada layanan semacam Seo Clerk. Belum lagi, apakah dia benar orang vietnam atau orang Indonesia yang memakai nama khas Vietnam.

Hampir setiap minggu ada yang menanyakan cara mengembalikan akun yang dibajak, namun saya selalu tidak menggubrisnya, karena pesan itu masuk ke pesan yang difilter dan permintaan pesan. Fitur ini jarang banget diakses oleh saya, apalagi sekarang saya tidak punya HP. Bagi yang membutuhkan pertolongan, atau request, saran dan kritik, sekarang dialihkan ke Halaman Facebook Blog ini di https://www.facebook.com/DadanPurnamaBlogger. Namun maaf jika tidak terbalas, hanya dibaca tidak dibalas. Selain tidak punya HP, saya juga tahu mana yang menguji dan mana yang membutuhkan bantuan saya.

Tutorial ini adalah pembaruan dari subbab Mengembalikan Akun yang Dibajak dalam buku Facebook Security : Mudahnya Membajak Akun Facebook. Sekedar mengingatkan, dalam buku ini diterangkan cara/tutorial membajak akun orang lain. Sebagaimana cara yang dipakai "hacker" saat ini ketika membajak akun facebook.

======================

Update 24 Juli 2016

Pada tanggal 4 Juli Kemarin/ dua hari sebelum lebaran, saya menerima request untuk mengembalikan akun yang dibajak. Sambil mengerjakan, saya juga sambil membuat tutorial videonya. Namun video tersebut size sebesar > 300MB.



Jika anda tidak punya koneksi yang memadai, ada video dalam bentuk flash SWF sebesar 30MB saja. Flash swf flayer sudah disertakan.

Silahkan unduh video cara mengembalikan akun facebook yang dibajak 4 Juli 2016
Download video tutorial unhack akun fb
=======================


Syarat utama dalam mengembalikan akun facebok adalah kemauan yang keras. Yang gak mau ribet, yang gak mau cape, yang gak mau susah, silahkan relakan saja akun facebooknya. Syarat lain adalah bersedia memberikan data pribadi yang dibutuhkan. Baik ke facebook langsung (jika mengerjakan sendiri) atau mempercayakan kepada saya (jika meminta bantuan saya). Syarat lain adalah akun facebook yang dibajak adalah akun fb itu milik Anda sendiri, jadi Anda mengetahui seluk beluk apapun yang terjadi di facebook Anda.

Dahulu waktu mengembalikan akun yang dibajak (recovery akun), kita sering dihadapkan pada pertanyaan verifikasi, seperti foto teman, pertanyaan keamanan, tanggal lahir dan lain sebagainya. Namun sekarang etlah berubah, sepertinya facebook juga mengerti bahwa kebanyakan usernya menggunakan facebook untuk alay-alayan, bukan untuk profesionalitas pribadi.

Saat ini dalam mengembalikan akun facebook yang sering saya hadapi adalah, Atur Ulang Kata Sandi, Masuk dari Perangkat Sebelumnya dan juga Unggah Data Pribadi. Kebanyakan yang saya kerjakan adalah Menguggah Data Pribadi, karena biasanya yang user hadapi ketika akun dibajak adalah kehilahan akses ke emailnya dan belum diverifikasi beserta kemanan yang lemah. Meskipun juga kadang ada yang tidak bisa di recover lagi seperti ini :
Unrecoverable Facebook Account
Pertama, silahkan buka Facebook lalu klik "Lupa kata sandi Anda?" kadang tulisannya jua "Ada Masalah?".
Lalu masukkan nama pengguna(username) atau email atau no hp. lalu klik Cari

Jika akun facebook Anda telah diverifikasi dengan nomor hp atau saat pendaftaran menggunakan nomor HP dan mengaktifkan kode masuk. Maka masukkan nomor hp lalu ikuti langkah selanjutnya, akun akan mudah kembali. Jika akun Anda belum memverifikasi no hp atau tidak bisa mengakses email, silahkan ikuti langkah selanjutnya.

Username atau nama pengguna adalah bagian dari profil yang kebanyakan digunakan pada URL, misalnya www.facebook.com/isyfalana www.facebook.com/dadanpurnamablog. Nah yang ditandai biru itu adalah username. Selain itu username juga bisa digunakan sebagai alamat email, tinggal tambahkan @facebook.com : isyfalana@facebook.com, maka email yang masuk ke sini akan diteruskan ke email utama di akun fb Anda. Jika sudah mengisi username, maka di profil anda akan ada infonya. Namun jika belum sempat membuat username, biasanya menggunakan id seperti facebook.com/1183602730 atau facebook.com/profile.php?id=1183602730. Oh iya saat ini user id faceboook dimulai dari 1000000sekian untuk type profile.





Kedua, setelah meng-klik Cari, kemungkinan besar hasilnya langsung seperti ini :
Pilih saya tidak dapat mengakses email saya
Anda mendapat ini karena email Anda sudah masuk "sandbox" dan juga sistem facebook mendeteksi perubahan kata sandi beberapa hari sebelumnya.

Eits dari sini juga ada yang beda loh. kadang juga pada hasil pencarian tertera cara recovery akun, langsung pilih aja "Tidak punya akses ke sini lagi?".

Anda mendapat ini karena tidak ada perubahan pada keamanan akun dan email berfungsi baik, meskipun password telah diganti
Lalu ada jendela permintaan email yang baru. Masukkan email baru, Lalu pilih Lanjutkan.
Nah dari sini ada yang berubah-ubah. Ada yang harus masuk dari perangkat sebelumnya, ada yang minta kode dari teman, ada yang tidak bisa direcover seperti gambar diatas. Pokoknya banyak deh opsinya tergantung aktifitas dan pengaturan kemanan pada akun.
Makanya lanjut ke tahap tiga :
Ketiga, langsung buka alamat http://www.facebook.com/hacked lalu klik Akun Saya Dibobol

Keempat, masukkan kata sandi sebelum diganti oleh pembajaknya. Langkah ini sangat penting!!!! Masukkan password yang benar. Jika Anda lupa, mengisi asal-asalan, dsb, maka sistem facebook akan memperketat pengembalian akun dan semakin ribet. Meskipun ujung-ujungnya upload KTP. Makanya saya kasih judul cara mengembalikan akun yang dibajak bukan cara membajak akun orang yang pernah saya bahas di sana hueheueheheh

Kelima, akan bertemu jendela seperti pada langkah Kedua. Eits namun di sini system recovery fb akan membuat status "akun dibajak" bukan "akun lupa password" pada status akun Anda.

Keenam, Ada jendela form isian tentang akun silahkan isi sejujurnya dan sebenarnya yang terjadi pada akun. Maaf langkah ini tanpa gambar soalnya lupa di screenshoot.
Tapi sebagai referensi ini data form isian yang sudah diisi :

Setelah Anda mengirimkan form tersebut, lihat email (yang dimasukkan di form isian keenam) nanti ada pesan dari facebook tentang laporan barusan.

Tunggu 1x24 jam, nanti ada email baru dari staff facebook yang isinya disuruh ngebales email dan  nyeritain apa yang terjadi disertai dengan scan data identitas negara, misalnya SIM atau KTP.

Eits, gak usah di bales email ini, balesnya di Pesan Masuk Dukungan, klik link yang di bawah


Ketujuh, silahkan ceritain secara lengkap lagi apa yang terjadi dengan akun facebook Anda sehingga bisa di hack orang. Jangan lupa upload lagi scan ID nya



Tunggu 1-24jam lagi lalu lihat ada email balasan, kalo berhasil ada balasan seperti ini :

HURAY Akun sudah kembali. Silahkan ganti password pada link yang diberikan.
Setelah itu nanti ada pemberitahuan tentang apa yang dilakukan di akun kita oleh pembajak. Semuanya bisa di "UNDO".


Klik lewati dan jangan dipilih apapun, kalau beruntung kamu dapet data pribadi pembajak

HATI-HATI 
Dari penelusuran aktifitas akun selama di hack, ada beberapa data yang saya curigai.
1. Andika Rizki, (username= andika.rizki120), admin sekaligus pihak rekber dari grup jual beli COC, getrich, dsb. Pembajak akun selalu merekomendasikan orang ini jika calon korban ingin pake rekber. Tapi gak tahu juga. Jika Anda tau orang ini bahkan anda adalah orangnya silahkan konfirmasi lewat komentar
2. Nama dan nomor rekening :  Dedi Irawan - 2570598484, pembajak pernah memberikan nomor rekening ini kepala calon korban. Mungkin saja, Dedi ini sebagai broker yang juga korban. Jika anda tau, konfirmasi di komentar
3. Nomor Hape Penipu +6289694431433 089694431433, pembajak menggunakan nomor ini. 
Hmm Irawan ya??? kayak nama penipu terlacak.com hihihihhihih
=========================================


CATATAN
Sekali lagi saya ingatkan, proses recovery account setiap orang bisa berbeda-beda. Pada artikel ini, setelah mencari akun lewat username/email/nohp prosesnya langsung dilanjutkan dengan form dukungan dengan mengontak langsung Tim Facebook. Biasanya ini terjadi pada orang yang menganggap akun fb itu tidak penting sehingga melanggar Standar Komunitas Facebook, Tidak Memverifikasi Akun Facebook dengan No HP, juga Pengaturan Keamanan akun yang lemah.

PERINGATAN

Saat mengupload scan / foto identitas, perhatikan :
  • Jika menggunakan Scan Identitas, pada pengaturan scannernya gunakan resolusi dan dpi yang besar. minimal 300dpi
  • Software untuk menscan, gunakan sofware yang disediakan oleh merk scanner tersebut, jika tidak ada gunakan Window Scanner Imaging tool
  • Jangan menggunakan aplikasi scanner lain, misalnya adobe photoshop
  • Setelah dokumen di scan, jangan di edit lagi, diberi tulisan, diberi warna, di blok, di crop, dan sebagainya pokoknya jangan diedit apalagi diperkecil resolusinya. Meskipun facebook memperbolehkan menutupi informasi tidak penting seperti alamat dan nomor ID.

  1. Jika menggunakan kamera digital atau kamera hape, gunakan kamera yang mempunyai autofokus, resolusi besar dan juga saat memfoto mempunyai pencahayaan yang bagus, sehingga data bisa dibaca dengan baik.
  2. Setelah di foto, jangan diedit-edit langsung aja kirim ke facebook. Bagi yang menggunakan hape, gunakan aplikasi kamera bawaan, jangan pake camera360 hahahahahaha

Mengapa sih peringatan ini sangat penting??? Ada dong ada kaitannya dengan bahan artikel selanjutnya yang berjudul

Forensic Imaging : Jadi Ahli Telematika Yuk !

WWWWOOOOOWWWWW tapi nanti aja kalo punya uang buat beli pulsa hahahahahaha ah elah beli pulsa, hape aja gak punya,,,

------------------------------------------------------

Update 27 Desember 2016

Berhubung dengan banyaknya permintaan bantuan untuk melakukan recovery akun facebook. Ditambah keterbatasan saya dalam kuota internet, juga kecepatan internet saya yang sangat lamban, plus banyak yang gak baca cara menghubungi saya, maka mohon maaf saya tidak bisa membalas semua pesan dan request Anda.

Namun jika Anda ingin memperbesar peluang untuk dibantu ---wkwkwkwk kayak staff fb aja ngasih harapan--- mohon langsung saja to do the point pada email Anda yang pertama Anda kirim ke saya, yaitu

request terakhir yang saya terima
email dan password yang digunakan ke fb (jika tidak lupa / saat belum di hack / saat masih bisa diakses)
email dan password fb (saat masih bisa diakses)
kronologi singkat, baik kena hack, lupa password, ataupun diblokir fb
nomor yang bisa dihubungi
scan/foto identitas diri, KTP/SIM,kartu pelajar/mahasiswa

langsung aja to do point, gak perlu tanya-tanya lagi, gak perlu permisi-permisian, kalo saya bisa saya langsung bantu saat itu juga, tapi kalau enggak berarti saya offline.... silahkan baca cara menghubungi saya















Komentar

  1. akun saya di hack dan tutorial diatas terasa sulit bisakah saya dibantu gan?

    BalasHapus
  2. Bos Akun saya di hacak dengan cara di ubah paswordnya sedangkan akun pemulihannya diubah ke hotmail. Awalnya pemilihan saya pakai yahoo. Minta bantuannya bos

    BalasHapus
  3. akun saya kena hecak dengan cara upah paswordnya sedangkan akun pemuliahn diubah ke hotmai. awalnya pemilihan saya pakai yahoo mintak bantuannya bos

    BalasHapus
  4. akun saya dihack orang lain bgaimana mengembalikannya

    BalasHapus
  5. Tolong bantu min untuk ngembalikan fb ku .. kena hack gabisa dibuka .. dan turor diatas terlalu sulit

    BalasHapus
  6. Tolong bantu min untuk ngembalikan fb ku .. kena hack gabisa dibuka .. dan turor diatas terlalu sulit

    BalasHapus
  7. Akun Saya Kena Hack Bang Tolong Bantu Saya Nama FB Yang Di Hack Cadel

    BalasHapus
  8. Akun Facebook saya di hack sama orang tolong bantu saya mengembalikan akun FB saya yang di hack

    BalasHapus
  9. Slamat malam min, mohon bantuannya...fb saya di Hack' (email, password) semua telah dirubah. Saya sudah coba laporkan dipihak Facebook dan memberikan data serta upload ktp saya tapi belum ada respon sampai saat ini (2x24 jam).sementara si Hacker menggunakan Facebook saya menipu Beberapa teman saya dengan memintai sejumlah uang. Skali lagi mohon bantuannya, email saya yang saya gunakan sebelumnya yaitu ewien62@yahoo.com. nomor HP 085255437222. Trima kasih

    BalasHapus
  10. Pada gak baca tulisan terakhir...

    hhhhmmm apakah di smartphone, tulisan di hijau ini tidak terlihat? atau ????

    BalasHapus
  11. Bang tolong balikin akun FB saya dong ? Saya lupa email nya & nomor telpon tidak tercantum di hp , jadi gmana yah bang ? Pusing ngotak ngatik nya , fb saya di hack orang

    BalasHapus
  12. assalamualaikum bang tolong dong facebook saya di bobol orang pake heker link saya telah klik ling penasaarannya. baru akun fb saya di heck bang...tolong dong pliese

    BalasHapus
  13. Mas tolong bantuu. Akun saya telah d hack orang . Kata sandi saya di gantii .. gimana mas?? Bisa membantuu

    BalasHapus
  14. min akun saya di hack bisa minta tolong kah min'

    BalasHapus
  15. semua komentarnya kbnyakan orang malas. sedangkan dr awal sdh di jelaskan yg pnting niat dan usaha yg keras.
    mau enaknya aja . giliran bs fb an buat hal2 yg tdk bermanfaat atau hnya utk sombong

    BalasHapus
  16. Akun saya di hack min, saya udah lakuin segala cara tapi tetap gagal, tolong bantuan nya min

    BalasHapus

Posting Komentar

Silakan tinggalkan komentar, kritik, saran atau apa saja yang penting sopan dan tidak SARA ya....

Jika ada pertanyaan atau request yang penting, bisa hubungi Admin di How to Contact

Terima kasih,
Dadan Purnama

Postingan populer dari blog ini

Sistem, Cara Kerja, Cara Melacak dan Jasa Lacak Posisi Seseorang dari Nomor HP

Bereksperimen dengan Raket Nyamuk

Teori dan Rangkaian Transistor Sebagai Penguat Arus