Selasa, 08 Desember 2015

Cek Akun Anda Sekarang, Yakin Masih Aman?

Minggu ini adalah minggu yang terberat bagi saya. HP rusak, akun kena hack, dan alhamdulillah dapet komputer gratisan. 
mata-mata komputer

Berawal dari casing yang longgar (no matter), lalu batere hp yang sering ngedrop (masih fine), dilanjutnya dengan mikropon yang rusak (masih good), kemudian IC VGA layar saya rusak (okelah), akhirnya LCD hp saya pecah (AAARRRGGGGHHH). Kenapa bisa begitu? Karena saya sering membanting hape saya. Yap puluhan kali saya membanting ke tembok, ke lantai, sekuat tenaga tapi cuma rusak di casing, mik, sama yang terakhir IC VGA. Coba kalo hape jaman sekarang yang lebar tipis, kuatkah di banting sampai puluhan kali???? Padahal kesalahan bukan di hapenya tapi di sinyal 3 Hutchison yang sering raib. Kenapa gak ganti kartu lah ini 3 ini kan kartu si miskin jomblo.  Masa aktif paling panjang, sms puluhan kali murah, harga kuota internet termurah, gak ada yang namanya sms promo. Pulsa 10 langsung saya belikan kuota internet. Jarang banget sms apalagi nelpon. Jumlah sms setiap minggunya paling banyak 50sms. Lah jadi ngomongin yang lain.

Dengan berat hati akhirnya saya mensiunkan Cleverphone Nokiyem 6120c ini. Kepada semuanya yang telah menghubungi saya, saya mohon maaf tidak ada balesan, yang udah komen di blog ini juga.
Tapi saya berterima kasih kepada A Adit yang telah membelikan komputer pada saya. Meskipun komputer ini juga mungkin saya jual :( buat bayar utang...

Selama hampir seminggu offline, kebetulan atau tidak, ada yang berusaha masuk ke akun saya. Lalu bukan kebetulan, karena saya mengaktifkan verifikasi dua langkah, akun saya pun terkunci dari saya sendiri. Akhirnya setelah beberapa hari curhat ke Customer Care akun saya bisa kembali balik. Lalu saya meninjau beberapa perubahan dan berfikir membuat artikel singkat ini. Oh iya, saya hanya fokus ke google, yahoo, dan facebook aja yah. Karena itulah tiga situs besar yang sering saya kunjungi.

1. Buatlah kata sandi yang aman namun mudah di ingat
Saya masih ingat, dahulu waktu istilah alay mulai meradang di masyarakat, ada adik kelas saya menyinggung tentang Alay. Tanpa pikir panjang lagi, saya langsung berkomentar dengan "membela alay" huehehehe, lihat gambar percakapan ini :


Yup maksud saya waktu itu adalah berhubungan dengan password alias kata sandi. Meskipun melebar kemana-mana. Kata sandi yang aman adalah kata sandi yang memiliki 8 karakter, yang terdiri dari karakter huruf, karakter angka dan karakter non-alfabet. Contoh kata sandi aman adalah

hfd#*$kr568

Aman banget bukan? Ya tapi apakah mudah di ingat? TIDAK. Untuk itu kita butuh "bahasa alay" untuk membuat kata sandi : Contoh kata sandi yang aman tapi mudah diingat :

contoh : p@55word

2. Jangan menyamakan kata sandi untuk setiap akun
Ini masih banyak terjadi, bahkan saya sendiri melakukannya. Kata sandi untuk surel, fb, akun lainnya selalu sama. Jika Anda pelupa seperti saya, lebih baik gunakan sandi yang aman, mudah, diingat dan berbeda setiap akunnya dengan trik : Gunakan idenditas situs tersebut, misal :
Sandi untuk surel : p@55word6ma1l@ku
Sandi untuk facebook : p@55wordp3sbukku
Sandi untuk kaskus : p@55wordk4sku5

3. Cek infromasi pemulihan akun dan kata sandi

Secara rutin, gantilah password setiap enam bulan sekali atau setelah ada yang aneh. Selain itu, sering-seringlah mengecek informasi pemulihan akun setiap memungkinkan, apalagi setelah membuka akun di tempat umum, misalnya warnet. Pada beberapa tipe akun, terutama akun lama yang dibuat sebelum 2012, masih terdapat pengaturan pertanyaan rahasia. Buatlah pertanyaan dan jawaban terbalik. Misalnya : Dimana Anda tinggal ? Kucing. Apa nama hewan peliharaan Anda? Bandung. Juga periksa akun email pemulihan tersebut.
opsi pemulihan akun googleopsi pemulihan akun facebook emailopsi pemulihan akun facebook smsopsi pemulihan akun yahoo

4. Aktifkan dua langkah verifikasi untuk akun Anda.
Sekarang ini banyak situs besar yang menggunakan layanan pengamanan dua langkah, yaitu memverifikasi identitas dengan mengirim kode ke nomor telepon selular, setiap kita atau orang lain masuk ke akun kita. langkah ini sangat berguna untuk mengamankan akun kita yang kata sandinya diketahui oleh orang lain. Langkah ini bagaikan tembok setinggi 100 meter bagi pencuri yang enggak bawa apa-apa untuk melompat. Kecuali pencuri itu bisa terbang. Bisa saja.
dua langkah verifikasi googledua langkah verifikasi facebookdua langkah verifikasi yahoo


Yah segitu dulu, jika ada tambahan atau koreksi boleh dikomen.

Oh iya untuk saat ini nomer hape saya jaarng diaktifkan, jika ada pertanyaan atau request bisa langsung lewat email srfc23 at gmail.com











PERHATIAN

Sudah lebih dari satu tahun saya tidak mempunyai HP atau HH. Meskipun saya mempunyai modem dan kartu yang masih aktif, tapi saya tidak punya pulsa dan jarang mengisi kuota untuk membalas pesan, telepon ataupun komentar Anda. Jadi mulai hari ini sampai waktu yang tidak ditetapkan, segala bentuk komunikasi kepada saya hanya melalui email saja. Jika Anda ingin menghubungi saya karena keadaan darurat (misalnya minta bantuan FB kena hack), silahkan baca dan pahami link ini, jika Anda menginginkan respon dari saya.

Mohon maaf apabila ada pesan, komentar, dan permintaan teman di facebook yang belum/tidak terbalas. Harap maklum.


Terima kasih
Dadan Purnama


0 komentar:

Poskan Komentar

Silakan tinggalkan komentar, kritik, saran, spam atau apa saja yang penting sopan dan tidak SARA ya....

Jika ada pertanyaan atau request yang penting, bisa hubungi Admin di How to Contact

Terima kasih,
Dadan Purnama