Jumat, 30 Januari 2015

Curhatan dan Petualangan Desember 2014 Januari 2015 + Foto.

Akhirnya bisa nulis artikel lagi. Untuk kali ini saya nulis artikel curhat (lagi)dulu ya. Beberapa minggu kemarin saya terpaksa offline dulu. Jadi telat membalas komentar Anda semua maaf ya. Yang sudah ngirim SMS juga maaf tidak terbalas karena lagi gak ada deposit :D
Selama saya offline saya mencari kesibukan lain ya beragam mulai dari jalan-jalan ke hutan sampai pergi ke kota untuk melamar kerja (lagi). Ehm ehm bukan hutan belantara ya.. tapi semacam kebun di pinggiran kampung bahasa Sundanya leuweung. Memang sih jika kita masuk lebih dalam nanti bakal ketemu ama binatang liar seperti monyet dan babi hutan. Tapi jangan berfikir ada macan atau binatang buas lainnya ya. :D
Letak hutan ini berada di pinggiran sungai Cimanuk. Jadi ingat waktu dulu, sehabis dari hutan kebun ini, setelah menanam. Saya dan teman-teman sering main dan mandi di sungai ini. Memang sih dari sejak saya kecil air di sini gak pernah jernih. Soalnya sungai kan suka membawa lumpur, jadi wajar aja kalau warnanya coklat. Apalagi musim hujan seperti sekarang sungainya berwarna lebih coklat pekat. Tapi untung saja sungai ini tidak dijadikan pembuangan limbah.
Pegunungan Sadakeling
Oh iya kota saya terutama kampung di desa saya termasuk dalam sawah tadah hujan. Saluran irigasi dari pegunungan Sadakeling belum sampai ke desa saya. Meskipun dulu ada bantuan dari Jepang untuk proyek irigasi, namun saluran air ke desa kami hanya terairi saat musim hujan saja. Meskipun sudah mulai hujan, kami belum mulai menanam padi. Yah mungkin untuk membasahi tanahnya dulu. Lalu memastikan hujannya terus turun lagi. Gak tau kebetulan atau emang budaya, saya selalu perhatikan kalau malam harinya ada binatang siraru keluar mencari cahaya lampu, barulah petani mulai menggarap sawahnya.
Gak tau siraru??? heheh bahasa Indonesianya itu laron / anai-anai / rayap besar yang bersayap. Sayang saya gak ada foto sendiri. Silahkan cari aja di google images. :D

Lalu kalau musim hujan seperti sekarang, setiap pagi sebelum matahari bersinar (bukan sebelum matahari terbit ya :p) saya sering mencari suung (baca: su ung) atau jamur liar yang bisa dimakan, bentuknya seperti payung, kulit atasnya berwarna coklat. Dan yang menarik adalah mitos jamur ini sering berada tidak jauh dari sarang rayap tersebut. Kemudian dulu sebelum jamur kuping ada di pasaran, saya juga sering mencari supa  pada patok-patuk bambu dan kayu yang sudah lapuk. Supa adalah bahasa Sunda untuk jamur kuping. Bentuknya juga tidak sebesar yang ada di pasaran. Kalau di pasaran itu jamur kuping [gajah] nah yang alami dan liar ini jamur kuping [kucing] :D heheh ngarang.

Jamur / Suung

Lalu pada paginya, saya mencari sarang burung pipit. Meskipun tidak berhasil menangkap burung induknya, saya hanya menemukan sarangnya yang berisi tiga buah telur. Maaf banget burung ini sedang tidak beruntung. Jadi saya ambil saja telurnya untuk mengurangi hama burung pipit nanti saat padinya sudah berisi.
tiga buah telur burung pipit
telur burung pipit

Pada lain hari, saya kembali melanjutkan proyek power supply inverter alias SMPS. Namun saya selalu gagal dalam membuat trafo ferit. Yah mungkin karena saya menggunakan kawat email bekas, dan tidak mengukur ukuran kawat tersebut, jadi saya gagal. Lagipula untuk dalam melilitnya saya selalu bertumpuk, serong kiri kanan dan pastinya kurang dalam jumlah lilitan. -___-
Memang dari dulu juga saya selalu jika rangkaian tersebut membutuhkan induktor yang fix nilainya harus segitu. Seperti saya bilang saya selalu menggunakan kawat email bekas jadi tidak tahu ukuran kawat itu. Lagipula saya tidak punya mikrometer.
Jadi untuk Mbak El mohon bersabar ya,,, mungkin saya akan bahas bagian per bagian dulu biar gampang. Untungnya trafo ferit ini ada di bagian akhir pembahasan \(^_^)/ .

Untuk mengisi kebosanan dan kekesalan saya yang selalu gagal, saya coba bermain game. Saya memang bukan gamer saya cuma player karena main game ini pake cara curang, cheat dan trainet -___-". Kali ini saya fokus untuk bermain GTA San Andreas. Selama 20hari bermain (dengan curang) akhirnya saya bisa menamatkan game ini heheheh.
Game GTA SA tamat
Kemarin-kemarin saya membuka lapak freebies. Barang gratis juga ongkos kirimnya juga gratis (mungkin). Sebenarnya itu sudah ada niatan dari beberapa tahun lalu, setelah saya menerima freebies CD/DVD Linux Gratis. Akhirnya saya kesampaian juga untuk membuka lapak gratisan, ya meskipun belum lengkap, saya akan menambah lagi barang-barang yang berharga Rp0,00 alias gratisan dari saya untuk Anda. Bukan cuma barang gratis saya juga sedang mengusahakan biasa kirimnya juga gratis. ヾ(*´∇`)シ 

Nah ngomongin freebies, ketika browsingan cari informasi, saya ngubek-ngubek instructables dan menemukan bahasan untuk para freebies. yah meskipun itu adalah artikel lama dan mungkin sudah kadaluarsa, saya mencoba beberapa perusahaan untuk mendapatkan free sample. Dari beberapa belasan perusahaan yang saya hubungi, sampai saat ini baru Zilog yang mengirim sampel komponen elektronika secara gratis termasuk biaya kirimnya. Yah memang perusahaan lain pun menerima permintaan saya untuk memberikan free sample, namun untuk tidak free shipping / ongkos kirimnya ditanggung pemesan. Ajegile barang emang gratis tapi ongkos kirimnya itu loh sama dengan gaji saya sebulan waktu kerja dulu (# ̄∇ ̄#).
Sebenarnya saya langsung senang ketika Zilog menyanggupi pesanan saya, lalu ketika saya mencoba mencari freebies dari freescale eh ada shipping cost untuk ke Indonesia. Saya pun membatalkan pesanan dari freescale dan berharap cemas akan pesanan saya dari Zilog. Takutnya nanti biaya kirim ditanggung oleh saya dan bayarnya saat barang diterima. Lalu saya simulasikan pengiriman dari Zilog ke alamat saya dan ongkos kirimnya adalah US$120! I am dieeee(・_・、) Untuk memastikan itu saya menelpon Fedex dan menanyakan paket saya. Ternyata paketnya tinggal terima saja (*^。^人^。^* ) hahaha I love you Zilog.
Free samples free shipping from Zilog

Well untuk akhir artikel ini, saya juga sedang menjalankan proyek...proyek apa ya namanya????? Pokoknya deskripsi proyek ini seperti video yang memperlihatkan perkembangan bunga dari kuncup sampai mekar, metamorfosis dari larva sampai kupu-kupu. Yah seperti itulah, tapi objek proyek saya adalah padi ヾ(。 ̄□ ̄)ツ. Nah padi kan lama tuh, saya tidak yakin apa proyek ini akan selesai atau tidak, soalnya saya berniat menjual hp saya.


Setelah 10 tahun akhirnya dapat Aqua Cup hahaha

Berburu Buah Kersen

Kunang-kunang yang sudah sangat langka

kunang-kunang terakhir yang saya lihat
 
Menemani bestfriend berjuang untuk cintanya

tabung dan rangkaian neon masih bekerja

Lagi beres-beres


Yah sekarang saya masih melakukan "kegiatan anak-anak tahun 90-an" yang jarang dilakukan anak-anak zaman sekarang dan saya masih kekanak-kanakan.















PERHATIAN

Sudah lebih dari satu tahun saya tidak mempunyai HP atau HH. Meskipun saya mempunyai modem dan kartu yang masih aktif, tapi saya tidak punya pulsa dan jarang mengisi kuota untuk membalas pesan, telepon ataupun komentar Anda. Jadi mulai hari ini sampai waktu yang tidak ditetapkan, segala bentuk komunikasi kepada saya hanya melalui email saja. Jika Anda ingin menghubungi saya karena keadaan darurat (misalnya minta bantuan FB kena hack), silahkan baca dan pahami link ini, jika Anda menginginkan respon dari saya.

Mohon maaf apabila ada pesan, komentar, dan permintaan teman di facebook yang belum/tidak terbalas. Harap maklum.


Terima kasih
Dadan Purnama


0 komentar:

Poskan Komentar

Silakan tinggalkan komentar, kritik, saran, spam atau apa saja yang penting sopan dan tidak SARA ya....

Jika ada pertanyaan atau request yang penting, bisa hubungi Admin di How to Contact

Terima kasih,
Dadan Purnama