Selasa, 05 Agustus 2014

Prototype Lilin Elelktronik Bisa Ditiup

Beberapa bulan yang lalu setelah saya membuat artikel tentang Rangkaian Joule Thief, saya mendapat pesan dan pertanyaan seputar rangkaian itu. Setelah banyak bertanya akhirnya saya tahu, nama dia adalah Adam dan dia masih duduk di bangku SD! Wow saya agak kaget, kalau dulu waktu SD saya juga sudah bermain rangkaian elektronika, tapi tidak sampai membuat rangkaian yang sederhana ini, paling tidak jauh dari baterai dan lampu :) . Untuk penyolderanpun saya masih menggunakan selotif :D

Nah alhamdulillah, kemarin dapet THR dari a Adit, setelah dipakai ini itu buat lebaran, ada sisanya, yah akhirnya saya pikir untuk membuat artikel lagi, tentang rangkaian elektronik , soalnya sudah lama kan saya tidak bikin lagi....

Namun rintangan selalu ada, bahan utama untuk rangkaian lilin elektronika ini, yaitu LDR tidak ada di kota kecil saya. Terpaksa saya mencarinya ke Garut kota dan masih menemukan penjualnya. Harganya satu buah itu tiga ribu rupiah,,, WEW padahal saya liat di supliernya cuma lima ratus rupiah perbiji. Yah daripada mubazir, ongkos ke Garut PP=14.000, masa cuma beli LDR satu,, berat di ongkos dong :D jadi saya memutuskan untuk membeli lima buah dulu untuk keperluan nanti.

Setelah beberapa kali percobaan, akhirnya inilah yang hasilnya :

Rangkaian Lilin elektronik sederhana :

Jika video tidak muncul klik : http://youtu.be/FBqon4uXpfk


Rangkaian Lilin Elektrik bisa ditiup


Jika video tidak muncul kunjungi : http://youtu.be/GXHW_z5qf1w

Perlu diperjelas rangkaian ini masih prototype, liat aja rangkaian masih sederhana dan acak kadut :D Rangkaian ini merupakan pengembangan dari lilin elektronik/lilin elektrik yang bisa ditiup yang banyak dijual di toko online. Wesh... gak kira-kira cuy harganya satu ada yang nyampe Rp25.000,00 :D !!!!!!!!!! padahal waktu dulu saya beli harganya masih Rp6.000,00 dan ternyata sekarang sudah naik jadi Rp8.000,00 wkwkwkwk memang sih ada harga ada kualitas, tapi kalo barangnya itu juaga gimana??? mending beli yang delapan ribu right?

Mungkin segini dulu artikel saya kali ini, kapan-kapan kalo ada mood, waktu dan tentunya uang akan saya bahas lebih lanjut rangkaian lilin elektronik bisa ditiup ini.



Oh ya kepada Adam, maaf lost contact, soalnya hapenya ke format...


















PERHATIAN

Sudah lebih dari satu tahun saya tidak mempunyai HP atau HH. Meskipun saya mempunyai modem dan kartu yang masih aktif, tapi saya tidak punya pulsa dan jarang mengisi kuota untuk membalas pesan, telepon ataupun komentar Anda. Jadi mulai hari ini sampai waktu yang tidak ditetapkan, segala bentuk komunikasi kepada saya hanya melalui email saja. Jika Anda ingin menghubungi saya karena keadaan darurat (misalnya minta bantuan FB kena hack), silahkan baca dan pahami link ini, jika Anda menginginkan respon dari saya.

Mohon maaf apabila ada pesan, komentar, dan permintaan teman di facebook yang belum/tidak terbalas. Harap maklum.


Terima kasih
Dadan Purnama


0 komentar:

Poskan Komentar

Silakan tinggalkan komentar, kritik, saran, spam atau apa saja yang penting sopan dan tidak SARA ya....

Jika ada pertanyaan atau request yang penting, bisa hubungi Admin di How to Contact

Terima kasih,
Dadan Purnama