Rabu, 17 April 2013

Tentang, Cara, Fakta, Mitos, Hukum dan Hukuman Bunuh Diri

Definisi Bunuh Diri

Bunuh diri (Ind), Suicide (ing), Suicidium (lat), Harakiri (jpn), 자살 / jasal (kor).

Bunuh diri adalah perbuatan menghentikan hidup sendiri yang dilakukan oleh individu itu sendiri atau atas keinginannya tanpa bantuan aktif orang lain.

Penyebab Bunuh Diri

Dalam ilmu sosiologi, ada tiga penyebab bunuh diri dalam masyarakat, yaitu egoistic suicide (bunuh diri karena urusan pribadi), altruistic suicide (bunuh diri untuk memperjuangkan orang lain), dan anomic suicide (bunuh diri karena masyarakat dalam kondisi kebingungan). Nah yang saya bahas adalah egoistic suicide.
Dari yang sudah-sudah, penyebab bunuh diri itu adalah putus asa, yang bisa disebabkan oleh :
  1. Kesulitan ekonomi; tak diragukan lagi banyak kepala keluarga yang mengakhiri hidupnya karena tidak sanggup lagi untuk menghidupi diri dan atau keluarganya. Anehnya bunuh diri karena penyebab ini banyak dilakukan oleh orang miskin bukan orang fakir.
    Kesulitan ekonomi; tak diragukan lagi banyak kepala keluarga yang mengakhiri hidupnya karena tidak sanggup lagi untuk menghidupi diri dan atau keluarganya. Anehnya bunuh diri karena penyebab ini banyak dilakukan oleh orang miskin bukan orang fakir.
  2. Gangguan mental; bisa jadi disebabkan penyakit jiwa atau juga karena penyakit lahir yang dideritanya tak sembuh-sembuh yang menyebabkan dirinya depresi
  3. Kebiasaan jelek; sudah menjadi rahasia umum bahwa merokok, mabuk alkohol, gaya hidup tidak sehat, adalah bunuh diri secara perlahan
  4. Masalah cinta, NO COMMENT

Cara Melakukan Bunuh Diri

Ada banyaaaaaak sekali cara bunuh diri; namun yang pasti cara di bawah ini terbukti berhasil, jika tidak ada orang lain yang mencegahnya.
  1. Dengan menabrakkan diri ke kendaraan khususnya ke kereta api; Pernah dengar jurig torek? sebenarnya ini adalah fenomena alam hukum fisika yang telah dibuktikan oleh para ahli di ITB. Gesekan rel dan 'ban' kereta api menyebabkan gelombang elektromagnetik yang menyebabkan telinga kita tuli sesaat.
  2. Masuk ke ruangan pendingin; jarang sekali orang punya ruangan pendingin yang tentunya banyak dimiliki perusahaan makanan dan minuman. Untuk itu, gunakan freezer atau lemari es yang bisa diatur ke suhu lebih dari -10 derajat celcius. Bahasa gaulnya hipotermia cuy.
  3. Menghentikan napas; dengan bantuan alat ya..., bernapas artinya menghirup gas dan mengeluarkan gas melalui hidung, gas yang dibutuhkan oleh tubuh adalah oksigen. Untuk itu, kita harus memblokir oksigen misalnya gantung diri, menutup kepala dengan plastik, membenamkan diri ke air, menghirup udara beracun.
  4. Merusak sistem tubuh; tinggal dipilih silahkan : bunuh diri yang lama : merusak organ tubuh yaitu dengan ......(lihat Penyebab bunuh diri point 3), bunuh diri yang tidak lama juga tidak cepat : Konsumsi zat adiktif dan narkotika, lompat dari ketinggian, bunuh diri yang cepat : merusak sistem organ tubuh : Mensetrum diri sendiri, menembak kepala, menghirup gas beracun, mencabik perut jantung hati, makan/minum zat kimia beracun dalam jumlah banyak sekaligus.
  5. Merusak tubuh; katain aja orang madura jancuk, tunjukkan jari tengah ke preman, perkosa anak penguasa/pejabat, punya banyak harta? pergi ke amrik terus teriak-teriak negro bullshit, pergi ke jepang terus jualan di sembarang tempat, pergi ke korea utara.

Fakta Tentang Bunuh Diri

  1. Jepang merupakan negara dengan jumlah orang yang melakukan bunuh diri terbanyak
  2. Korea Selatan merupakan negara dengan jumlah orang terkenal yang melakukan bunuh diri terbanyak
  3. amerika merupakan negara dengan jumlah bunuh diri terbanyak yang dilakukan oleh pria
  4. Cara yang paling banyak dilakukan orang untuk bunuh diri adalah gantung diri
  5. Tempat yang paling banyak dilakukan untuk bunuh diri adalah golden gate di amerika
  6. Karyawan/staf kantor paling banyak melakukan bunuh diri hari senin makanya ada istilah I don't like monday. Untuk militer, buruh, babu, crew, seperti saya yang liburnya bukan hari minggu enggak banyak yang bunuh diri di hari senin
  7. Setiap tahun ada 1 juta orang yang bunuh diri, artinya setiap 31 detik ada orang yang bunuh diri

Mitos Seputar Bunuh Diri

  1. Bunuh diri tidak akan berhasil dengan menahan napas; karena tubuh akan berusaha bernapas setelah kita pingsan, untuk itulah lihat Cara melakukan bunuh diri poin 3
  2. Bunuh diri tidak akan berhasil dengan mengiris pergelangan tangan; karena ketika ada darah yang keluar dari pembuluh darah, maka tubuh akan segera menghentikan pendarahan. Buktinya lihat para alay yang mengiris-ngiris tangannya paka silet, juga lihat para penyandang cacat yang kehilangan anggota tubuhnya. Untuk itu lihat cara melakukan bunuh diri poin 4
  3. Bunuh diri adalah akhir dari masalah; Benar sekali kata setan, salah sekali kata tuhan. setan menyebutnya masalah, tuhan menyebutnya cobaan. Dunia ini hanya tempat sementara yang dijadikan tuhan untuk memberi cobaan(tuhan)/masalah(setan). Nah dunia yang kekal dan abadi ada setelah kiamat.

Hukum Bunuh Diri

  1. Menurut Psikologi; Bunuh diri adalah perbuatan menyimpang.
  2. Menurut Sosiologi; Bunuh diri adalah hak asasi manusia
  3. Menurut Katanyaislam; Bunuh diri untuk menyelamat orang itu wajib, contohnya bom bunuh diri di tempat musuh untuk menyelamatkan saudaranya yang diserang musuh
  4. Menurut masyarakat; bunuh diri itu sia-sia
  5. Menurut Pandangan Agama :
    • Menurut agama kristen hukum bunuh diri adalah dosa besar
    • Menurt agama budha hukum bunuh diri adalah juga membunuh orang lain
    • Menurut agama hindu hukum bunuh diri adalah suatu tindakan negatif yang akan berdampak negatif pula pada reinkarnasi berikutnya
    • Menurut agama Islam hukum bunuh diri adalah haram. Tepatnya bunuh diri itu dilarang. Dalam Islam, semua hal yang dilarang itu haram.

Firman Allah tentang bunuh diri :

"Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang batil, kecuali dengan jalan perniagaan yang berlaku dengan suka sama-suka di antara kamu. Dan janganlah kamu membunuh dirimu; sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepadamu." ( Q.S. An-Nisa' : 29)

"Maka (apakah) barangkali kamu akan membunuh dirimu karena bersedih hati sesudah mereka berpaling, sekiranya mereka tidak beriman kepada keterangan ini (Al Qur'an)." (Q.S. Al-Kahfi : 6)

dan masih banyak yang lainnya

Hadits Rasul tentang bunuh diri :

Ada banyak, salah satunya ada di hadits no 86-90

 

Hukuman Bunuh Diri

  1. Orang yang ditinggalkan merana
  2. Akan kekal di neraka jahanam





Sumber :

Opini sendiri
id.wikipedia.org/wiki/Bunuh_diri
en.wikipedia.org/wiki/Suicide
google.com/search?q=bunuh+diri




0 komentar :

Posting Komentar

Silakan tinggalkan komentar, kritik, saran atau apa saja yang penting sopan dan tidak SARA ya....

Jika ada pertanyaan atau request yang penting, bisa hubungi Admin di How to Contact

Terima kasih,
Dadan Purnama