Jumat, 05 November 2010

Kesalahan yang [Saya] Kita Dapat di Sekolah

Kesalahan di siniada yang memang misunderstanding, ada juga yang memang diupdate lagi.

1. π adalah phi
 
Saat SD saya diberitahu bahwa lambang : π disebut phi. Menurut ahlinya disebut pi bukan phi dan nilainya pi 3,14 kalau phi nilainya 1,618. Phi adalah golden ratio. Tahu gak golden ratio? tanya galileo google hehehe Cendekiawan Muslim loh yang menemukannya.

2. π sama dengan 22/7
 
Waktu SD juga selain diberitahu π adalah phi, guruku juga memberitahu kalau π sama dengan 22/7, padahal beda loh. Nilai π adalah 3,141592653589793238...dst sedangkan 22/7 adalah 3,142857142857142857

3. Saturnus satu-satunya planet yang memiliki cincin
 
Masih waktu SD juga saya diberitahu bahwa saturnus adalah satu-satunya planet yang memiliki cincin.Tapi pas saya lihat di TV, ternyata ada planet lain yang juga punya cincin.Kemudian saya "tanya" ke NASA dan jawabannya adalah bukan hanya saturnus yang memiliki cincin, tetapi beberapa planet lain, Jupiter, Uranus, dan Neptunus.

4. Pluto adalah planet
  
Nah yang ini pasti semua udah tahu, status pluto sekarang bukan planet lagi. Hal ini dikarenakan ternyata selain pluto ternyata ditemukan lagi "planet". Tetapi karena ukurannya ada yang sama bahkan lebih kecil dari pluto, maka "planet" itu (termasuk pluto) diklasifikan lagi menjadi planet kecil bukan planet. Koreksi ini tahun 2008 kalau gak salah 










PERHATIAN

Sudah lebih dari satu tahun saya tidak mempunyai HP atau HH. Meskipun saya mempunyai modem dan kartu yang masih aktif, tapi saya tidak punya pulsa dan jarang mengisi kuota untuk membalas pesan, telepon ataupun komentar Anda. Jadi mulai hari ini sampai waktu yang tidak ditetapkan, segala bentuk komunikasi kepada saya hanya melalui email saja. Jika Anda ingin menghubungi saya karena keadaan darurat (misalnya minta bantuan FB kena hack), silahkan baca dan pahami link ini , jika Anda menginginkan respon dari saya.

Mohon maaf apabila ada pesan, komentar, dan permintaan teman di facebook yang belum/tidak terbalas. Harap maklum.


Terima kasih
Dadan Purnama


0 komentar :

Poskan Komentar

Silakan tinggalkan komentar, kritik, saran atau apa saja yang penting sopan dan tidak SARA ya....

Jika ada pertanyaan atau request yang penting, bisa hubungi Admin di How to Contact

Terima kasih,
Dadan Purnama