Selasa, 17 Agustus 2010

Indonesia PERNAH Menjadi Negara Terhebat di Dunia


Saya menemukan info-info ini dari pelajaran di sekolah, buku-buku dengan kurikulum tahun 1984, dan beberapa sumber di internet untuk mengingat beberapa moment. Terhebat di sini maksudnya menjadi nomor satu dalam hal positif. Tidakj seperti sekarang menjadi tiga besar dengan korupsi, tiga besar dengan penduduk terbanyak, menjadi dua besar ibukota terpadat, menjadi tiga besar ibukota terpolusi menjadi lima besar kerusakan hutan tercepat, dll.
Namun inilah pentingnya sejarah,dahulu ternyata indonesia menjadi negara juara pertamax meski dalam waktu dan bidang yang berbeda. Mau tahu?? inilah dia :


1. Negara Pengekspor Rempah-rempah Terbesar
Setelah terjadinya Perang Salib, rute perdagangan Jalur Sutra terhenti sehingga harga rempah-rempah sangaaaaaaaaaaat mahal. Lalu banyak orang-orang eropa mengambil inisiatif untuk mencari sumber rempah-rempah itu dan menemukan India. Namun setelah diselidik ternyata India seperti Tanah Abang, hanya pusat grosir bukan, produsen. Mereka mencari lagi dan pada abad 16 (tahun 1509) mereka (tepatnya misionaris Portugis) sampai di Malaka.
Eh tapi ada yang nyasar para pembaca sekalian, ia adalah Christopher Columbus. Ia nyasar ke tempat yang waktu itu ia kira India. Lalu bertemu suku asli dan menamainya orang india kalo dalam bhs.inggris disebut Indian. Nah saya belum tahu suku yang bertemu dengan Cr. Clmb. itu suku Maya atau suku Cherokee atau suku Totonacas atau yang lainnya. Oh ya Cr. Clmb bukan orang asing /penjelajah yang pertama kali  yang mendarat di amri, yang pertama kali mendarat di amrik adalah Cheng Ho dkk.

2. Menjadi Negara Pengekspor Hasil Tani dan Hasil Kebun Terbesar
Diantaranya adalah Padi, Gula, Karet dan seperti tadi dikatakan pengekspor rempah-rempah terbesar. Namun saya lupa, maklum bukunya udah saya jual ke tukang loak (untuk bayar sewaa warnet ya...). Tapi bagi yang masih punya nenek atau kakek, silahkan tanya sendiri atau beli bukunya atau tanya guru atau tanya sejarahwan eh sejarawan

3. Menjadi Negara dengan Militer Terkuat di Dunia
Bahkan di buku yang saya jual, sekutu akan menyerang kembali (ceritanya bakal ada Agresi Militer III) namun pesawat pengintai amrik menemukan persenjataan + jumlah pasukan + semangat Indonesia sangat besar dan menggebu-gebu, sehingga menyarankan belanda untuk membatalkan niatnya. Kalo mau baca lebih lengkap tentang seberapa kekuatan militer Indonesia dahulu, baca Kekuatan Militer Indonesia Terkuat

Oh ya saya menemukan info ini di buku, dan menambahkan beberapa infonya di internet. Ternyata info yang saya baca di internet lebih menarik, padahal intinya sama. Mungkin karena sebuah buku menghabiskan satu bab sedangkan di internet hanya satu paragraf. Sehingga info yang beberapa buku itu, dirangkum menjadi satu lembar postingan. Mau baca ? Dibalik Hari Kemerdekaan Indonesia


PERHATIAN

Sudah lebih dari satu tahun saya tidak mempunyai HP atau HH. Meskipun saya mempunyai modem dan kartu yang masih aktif, tapi saya tidak punya pulsa dan jarang mengisi kuota untuk membalas pesan, telepon ataupun komentar Anda. Jadi mulai hari ini sampai waktu yang tidak ditetapkan, segala bentuk komunikasi kepada saya hanya melalui email saja. Jika Anda ingin menghubungi saya karena keadaan darurat (misalnya minta bantuan FB kena hack), silahkan baca dan pahami link ini, jika Anda menginginkan respon dari saya.

Mohon maaf apabila ada pesan, komentar, dan permintaan teman di facebook yang belum/tidak terbalas. Harap maklum.


Terima kasih
Dadan Purnama


4 komentar:

  1. Indonesia memang hebat...tp dulu gak tau sekarang, apakah masih punya gigi atau sudah ompong. Dulu bukan hanya gigi yang kita punya tapi taring sehingga ditakuti oleh bangsa lain. Merdeka.....!

    Mau tukeran link/banner/follow2-an. silahkan hubungi saya.

    BalasHapus
  2. sayangnya indonesia untuk maju lebih terlambat. harus ad perubahan dari seorang pemimpin

    sob, linkmu sdh sy pasang dan silahkan d cek. mav y jika lama. maklum lg bny tugas :D

    BalasHapus
  3. Indonesia tanah airku, tanah tumpah darahku

    BalasHapus
  4. kapan yaa sejarah itu akan terulang lagi :(

    BalasHapus

Silakan tinggalkan komentar, kritik, saran, spam atau apa saja yang penting sopan dan tidak SARA ya....

Jika ada pertanyaan atau request yang penting, bisa hubungi Admin di How to Contact

Terima kasih,
Dadan Purnama