Selasa, 13 Juli 2010

Gambar-gambar yang bisa berubah (repost)


Masih ingat dengan artikel tentang after image???

Saat mencari-cari tahu tentang after image, akhirnya saya menemukan sebuah blog universitas, yang menerangkan :
Afterimage adalah suatu ilusi yang dibuat oleh mata berupa gambar yang terus terlihat meskipun sesungguhnya pemaparan dari gambar tersebut telah selesai. Afterimage dapat dibagi menjadi dua tipe, yaitu afterimage negatif dan afterimage positif.
Negatif after image adalah suatu after image yang dihasilkan memiliki warna yang komplemen terhadap warna gambar yang sesungguhnya. Afterimage negatif ini akan dihasilkan jika mata dipaparkan terhadap suatu gambar dengan pencahayaan yang cukup, segera setelah pemaparan tersebut mata dihadapkan pada layar putih, maka akan tetap terlihat gambar dengan warna yang komplemen (merah menjadi hijau, biru menjadi kuning, hitam menjadi putih, demikian sebaliknya). Hal ini dikarenakan sel kerucut yang mengalami stimulasi berlebih, sehingga kehilangan sensitivitasnya. Setelah pemaparan selesai, maka sel kerucut tersebut akan tetap mengirimkan sinyal ke otak ketika dihadapkan pada layar putih. Sinyal yang dikirimkan oleh sel kerucut yang telah distimulasi akan menjadi lebih lemah, ditambah dengan sinyal yang berasal dari sel kerucut di sekitarnya, yang mana belum terstimulasi. Otak akan mengolah sinyal-sinyal tersebut menjadi warna komplemen.
Afterimage positif merupakan suatu fenomena after image yang dihasilkan memiliki warna persis sama dengan paparan warna yang sesungguhnya. Jenis after image ini umumnya hanya tampak sekejap saja, dan akan menghilang digantikan dengan negative after image. Penyebab dari positif after image belum ditemukan dengan pasti, namun fenomena ini dapat dihasilkan oleh cahaya yang intensitasnya sangat tinggi, contohnya matahari.

Contoh gambar afterimage :




Bagi mau yang lebih banyak, download di sini :

0 komentar :

Posting Komentar

Silakan tinggalkan komentar, kritik, saran atau apa saja yang penting sopan dan tidak SARA ya....

Jika ada pertanyaan atau request yang penting, bisa hubungi Admin di How to Contact

Terima kasih,
Dadan Purnama