Aman saat ber-social networking ber-internetan


Hmm pernah dengan ada seorang karyawan yang dipecat karena facebook? Pernah dengar gak beberapa bulan yang lalu seorang artis mendapat teguran karena memaki wartawan di situs micro bloggingnya? Pernah dengar gak beberapa minggu yang lalu ada gadis yang diculik setelah ia kenalan dengan seseorang di facebook? Pernah dengar gak beberapa hari yang lalu sebuah keluarga kerampokan karena ia mengupdate status sedang liburan di web sosial networking?
Nah situs jaringan pertemanan memang bisa menjadi teman, juga bisa menjadi teman berhati musuh. Bagaimana cara ber.... katakanlah berfacebookan, bertwitteran, berinternetan, dengan aman? Ini dia tipsnya:
Oh iya sebelumnya ini adalah tips untuk anda yang menggunakan jasa warnet.

1. Setelah Anda berhadapan dengan komputer (dan pastinya dengan billing), jika komputer tersebut masih nyala restart lah komputer tersebut terlebih dahulu. Hal ini untuk mengembalikan setingan ke default kalau-kalau ada yang menanam keylogger. 

2. Setelah anda login, pastikan logo deep freeze aktif (tiak ada tanda  x  merah atau kuning atau tanda lainnya). Harus seperti ini :

Kalo tidak, segera laporkan ke operator dan ganti komputer, kalo masih sama, ganti warnet aja.

3. Saat anda membuka situs, pastikan URL nya benar. Misalnya bila anda mengakses facebook pastikan URLnya http://www.facebook.com atau http://id-id.facebook.com. Selain itu jangan pernah melakukan login. Karena selain domain facebook.com, FB tidak mempunyai domain lain. Domain lain yang BUKAN milik facebook dan BERBAHAYA misalnya http://www.facebook.co.id, www.facebook.tv www.facelook.com dan masih banyak lagi.

4.Jangan menggunakan password yang berkaitan dengan Anda atau kehidupan ana, seperti tanggal, nama, username, hoby, benda favorit, dll. Gunakanlah password yang mudah diingat tetapi sulit di tebak seperti : myL0v3 T!ar4, k0m13!n451, (gunakanlah tulisan alay generator-gabungan huruf-angka-tanda baca) dll dan gantilah password setiap bulan sekali. atau sesering mungkin

5. Jangan gunakan dan menuliskan identitas Asli di profil, meskipun profil tersebut di privat, tetapi yang punya situs tersebut masih bisa melihatnya. Identitas yang sangat dilarang untuk dibagikan adalah
a. Nama Lengkap Asli
Misalkan nama anda : Ade Tiara Ardianti dan Nama Panggilan AD Tyara maka gunakan nama panggilan anda di profil
b. Tempat Tanggal Lahir
Plesetkan sedikit tanggal lahir Anda
c. Hoby
d. Kegiatan
e. Foto pribadi
Misalnya saat anda memakai handuk (ngapain pake handuk difoto??)
f. Alamat, baik rumah, email, telepon
Bisa mengundang tamu tak di undang dan melalukan spaming

5. Jangan update kegiatan yang membahayakan, seperti :
a. Memberitahukan anda atau keluarga anda sedang liburan atau tidak ada dirumah atau anda sendirian di rumah.
b. Mengaku anda tidak sekolah atau tidak kerja atau benci seseorang karena sesuatu bla bla blabla


6. Eits... billing warnetku dah limit. Nanti kalau ada waktu disambung lagi deh.....



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sistem, Cara Kerja, Cara Melacak dan Jasa Lacak Posisi Seseorang dari Nomor HP

Bereksperimen dengan Raket Nyamuk

Teori dan Rangkaian Transistor Sebagai Penguat Arus