Rabu, 24 Maret 2010

Cara Meng"arsipkan" Blog

       Awalnya berasal dari sapaan saya di blog sebelah, lalu dia malah bertanya bagaimana caranya ? Waduh iya ya.. saya juga belum tahu cara mengarsipkan blog. Saya cari-cari di google gak ada.
       Ya udah cara yang paling mudah adalah : Biasanya blogger hemat uang selalu menulis dulu secara offline, lalu untuk mempostingnya tinggal di copy kan. Nah Biasanya teks-teks yang dibuat masih ada untuk dijadikan arsip.
       Namun cara ini tidak efisien, karena kebanyakan blogger up to date selalu mencari informasi di internet dan langsung mempreviewnya di blog mereka.
       Cara yang kedua adalah dengan mengambil semua postingan di blog atau dengan kata lainnya yaitu meng copy sebagian\seluruh isi blog dengan menggunakan software. Nah kali ini saya akan menggunakan cara ke dua.
       Software yang saya gunakan adalah WinHTTrack Website Copier. Bisa didownload di sini
Blog yang akan saya copy adalah blognya De Rivaldi di http://rivaldiwhinchesterxc.blogspot.com
Langkah-langkahnya
1. Download dan install WinHTTrack nya ya...
2. Jalankan WinHTTracknya, lalu muncul windows berikut :

3. Klik Next

4. Pada project name isi dengan apa saja, pada project category juga isi dengan apa saja, lalu pada Base Path pilih lokasi tempat penyimpanan web offline ini. Lalu klik Next

5. Pada action, pilih list no 2 [download websie(s)+questions Pada Web Address isi dengan URL yang ingin di copy kan. Karena kita ingin meng copy web milik Rivaldi, isi dengan http://rivaldiwhinchesterxc.blogspot.com
6. Setelah itu klik Next lalu klik finish
7. Saya membutuhkan waktu 3 jam untuk mendowload seluruh link yang ada di http://rivaldiwhinchesterxc.blogspot.com

Jadi deh Web Offlinenya :
 Berhubung blog ini banyak gambar dan banyak link, maka seluruh Blog Rivaldi ini berkapasitas > 400 MB. Untuk Blog Rivaldinya sendiri kurang lebih 200 MB dari Desember 2009 - 23 Maret 2010

Jadi untuk dapat di download, nanti saya kompress dulu filenya dan minta izin dulu ke Rivaldi.


PERHATIAN

Sudah lebih dari satu tahun saya tidak mempunyai HP atau HH. Meskipun saya mempunyai modem dan kartu yang masih aktif, tapi saya tidak punya pulsa dan jarang mengisi kuota untuk membalas pesan, telepon ataupun komentar Anda. Jadi mulai hari ini sampai waktu yang tidak ditetapkan, segala bentuk komunikasi kepada saya hanya melalui email saja. Jika Anda ingin menghubungi saya karena keadaan darurat (misalnya minta bantuan FB kena hack), silahkan baca dan pahami link ini, jika Anda menginginkan respon dari saya.

Mohon maaf apabila ada pesan, komentar, dan permintaan teman di facebook yang belum/tidak terbalas. Harap maklum.


Terima kasih
Dadan Purnama


0 komentar:

Poskan Komentar

Silakan tinggalkan komentar, kritik, saran, spam atau apa saja yang penting sopan dan tidak SARA ya....

Jika ada pertanyaan atau request yang penting, bisa hubungi Admin di How to Contact

Terima kasih,
Dadan Purnama