Kamis, 11 Februari 2010

Manfaat alpukat si buah yang mempunyai kandungan gizi tertinggi.





Jumpa kembali bersama saya….
Maaf ya akhir-akhir ini saya jarang posting. Dikarenakan sibuk dengan pekerjaan, mencari inspirasi dan sedang cashflow. Hehehehe…..
Postingan kali ini saya akan membahas tentang alpukat. Mengapa ?
Sebelumnya saya cerita dulu sedikit.
Waktu saya kenal si Duhe A.K.A Dude Herlino dari (sinema elektronik tentunya) saya merasa kurang suka. Namun setelah someone menyukai atau mengagumi atau mengidolakan atau apalah saya berminat untuk mengetahui si Duhe itu. Setelah saya cari tahu, akhirnya saya dapat simpulkan 23 % tebakan saya tepat. Sisanya saya tahu mengapa ia mengagumi Aa Dude.
Lalu jauh sebelum masalah Aa Dude, saya membaca buku tentang IPA, di sana ada BAB tentang alpuket. Dalam kalimat terakhirnya, tertulis (kalo gak salah): Tak heran bila alpukat merupakan buah dengan nilai gizi tertingggi (maaf ya kalo salah). Saya waktu itu langsung membantahnya. Karena jauh sebelum itu saya membaca artikel di koran PR tentang si peuteui.
             
Lanjut. Mengapa saya membahas alpukat? Karena beberapa minggu yang lalu saya mendapat mini biodata someone yang di sana tertulis dia menyukai jus alpukat. Lalu beberapa hari yang lalu saya mendapatkan kesempatan untuk mencoba jus alpukat. (Karena biasanya saya makan alpukat dengan cara dicampur gula lalu diberi air hangat dan diaduk rata) Setelah saya coba jus alpukat, ternyata teksturnya lembut rasanya manis, cocok untuk someone yang juga manis. Dan setelah cari tahu lebih jauh lagi, khasiat alpukat ini juga cocok untuk someone yang punya sifat penyayang dan pengobat rindu itu.

Namun ada satu yang tak saya suka dari alpukat, yaitu avocado caterpilar. Hiiiiieeeeee phobia saya !

Alpukat berasal dari bahasa Aztek yaitu ahuacatl. Buah ini memang berasal dari daerah tempat suku Aztek berasal yaitu di daerah Amerika Tengah dan Meksiko. Awalnya buah ini mulai diperkenalkan oleh Martín Fernández de Enciso, salah seorang pemimpin pasukan Spanyol, pada tahun 1519 kepada orang-orang Eropa. Pada saat yang sama juga, para pasukan Spanyol yang menjajah Amerika Tengah juga memperkenalkan coklat, jagung dan kentang kepada masyarakat Eropa. Sejak itulah buah alpukat atau avokad mulai disebar dan dikenal oleh banyak penduduk dunia.

Pohon alpukat mempunyai batang bulat kecil dengan warna coklat kotor, namun mempunyai cabang dan dahan yang banyak dan beranting halus, tingginya bisa mencapai 10 meter. Daunnya berbentuk jorong sampai bundar telur memanjang, tebal seperti kulit, ujung dan pangkal runcing tunggal, letaknya berdesakan di ujung ranting, tepi rata kadang-kadang agak menggulung ke atas, bertulang menyirip, panjang 10-20 cm, lebar 3-10 cm, daun muda warnanya kemerahan dan berambut rapat, daun tua warnanya hijau dan gundul.
Bunganya bunga majemuk, berkelamin dua, tersusun dalam malai yang keluar dekat ujung ranting, warnanya kuning kehijauan.
Buahnya berbentuk bola atau bulat telur, panjang 5-20 cm, Buah Alpukat memiliki kulit lembut tak rata berwarna hijau tua hingga ungu kecoklatan, tergantung pada varietasnya. Daging buah alpukat berwarna hijau muda dekat kulit dan kuning muda dekat biji, dengan tekstur lembut. Biji bulat seperti bola, diameter 2,5-5 cm, keping biji putih kemerahan.

Alpukat memiliki nama ilmiah Persea sp.
Buah dan daun mengandung saponin, alkaloida dan flavonoida, Buah juga mengandung tanin dan daun mengandung polifenol, quersetin, gula alkohot persiit.
Alpukat mengandung 14 mineral dan 11 vitamin diantaranya vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6, protein, mangan, seng, asam oleat dan lemak dan lain-lain. Selain itu alpukat memiliki kandungan nutrisi :
1. 95 mg fosfor
2. 23 mg kalsium
3. 1,4 mg zat besi
4. 9mg sodium
5. 1,3mg potasium
6. 8,6 mg niacin
7. 660 I.U. Vitamin A
8. 82 mg Vitamin C

Alpukat--->alpuket
1 gelas --->200 ml
Manfaat dari buah alpuket bagi kesehatan adalah :
1.    Sumber vitamin B dan E
2.    Sebagai masker wajah agar kulit muka lebih kencang
3.    Sebagai perawatan rambut sewaktu creambath
4.    Obat kencing batu.
5.    Obat darah tinggi, sakit kepala
6.    Obat nyeri syaraf
7.    Obat nyeri lambung
8.    Obat saluran napas membengkak (bronchial swellings)
9.    Obat menstruasi tidak teratur.
10.  Obat sakit gigi.
11.  Obat kencing manis.
12.  Menurunkan kolesterol darah
13.  Melembabkan kulit
14.  Membantu regenerasi darah merah
15.  Mencegah anemia
16.  Mengurangi kerusakan hati
17.  Mencegah konstipasi
18.  Mencegah malnutrisi
19.  Sumber kandungan lemak tak jenuh
20.  Mengandung kolestrol HDL sebagai penyeimbang kolestrol LDL
21.  Obat sariawan
22.  Obat sakit punggung
23.  Obat batu ginjal
24.  Dll. (sebagai campuran obat)

Sedikit penjelasan tentang manfaat alpuket :
Turunkan risiko stroke dan serangan jantung
Alpukat merupakan satu-satunya buah yang kaya lemak. Kadarnya lebih dari dua kali kandungan lemak dalam durian. Walaupun demikian, lemak alpukat termasuk lemak sehat, karena didominasikan asam lemak tak jenuh tunggal oleat yang bersifat antioksidan kuat. Lemak alpuket membantu menurunkan kadar "kolesterol jahat" LDL sambil menaikkan "kolesterol Baik" HDL, sehingga secara nyata menekan risiko stroke dan serangan jantung. Kemampuan ini diperkuat oleh kandungan betakaroten, klorofil, vitamin E, dan vitamin B-kompleks yang berlimpah dalam alpukat. Pelaku vegetarian umumnya kurang optimal mendapatkan asupan lemak, karena mereka pantang daging (yang selalu kaya lemak). Selain mengharapkan kecukupan asupan lemak dari minyak goreng, alpukat bisa menjadi pilihan lain untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan lemak. Lebih-lebih karena lemak alpukat merupakan lemak sehat, sebagaimana yang terdapat dalam minyak zaitun.
Mengendalikan hipertensi
Alpuket kaya mineral kalium, tapi rendah kandungan natriumnya. Perbandingan ini mendorong suasana basa di dalam tubuh kita. Berkurangnya keasaman tubuh (darah dan jaringan) akan menekan munculnya penyakit akibat kondisi tubuh terlalu asam, seperti alergi, pusing, panik, gangguan pernapasan, gangguan pencernaan. Karena kadar asam folat dan vitamin E-nya juga tinggi kalium alpuket lebih efektif dalam merendam hipertensi dan dapat membantu memperlancar aliran darah. Berbeda dari buah - buahan lain, alpukat hampir tidak mengandung pati, sedikit mengandung gula buah, tapi berlimpah serat selulose. Faktor ini menjadikan alpuket dianjurkan sebagai bagian dari menu untuk mengendalikan diabetes.
Baik untuk kulit dan rambut
Alpuket mengandung zat besi dan zat tembaga yang berlimpah membuat alpukat penting dalam pembentukan sel darah merah dan pencegahan anemia gizi. Paduan antara vitamin C, vitamin E, zat besi, kalium dan manganya menjadikan alpukat baik untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut. Dengan adanya asam folat dan vitamin B, serta vitamin-vitamin B lainnya, alpuket ideal untuk merangsang pembentukan jaringan kolagen. Kebiasaan kita menyantap alpuket segar tanpa dimasak sangat menguntungkan, karena zat gizi dan senyawa fitokimiawinya menjadi tetap utuh. Hanya saja, kita perlu ingat, lemak tetap lemak, sumber energi tinggi.

Cara pemakaian alpuket untuk pengobatan :
Manfaat Daun
Sariawan :
4 lembar daun alpoket, 3 buah rimpang teki, 5 tangkai daun randu, setengah biji pinang, 1 buah pala, 3 jari gula enau dicuci lalu direbus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 2 ¼ gelas.  Setelah dingin disaring lalu diminum. Cara pemakaiannya sehari 3 kali ¾ gelas
Darah tinggi :
3 lembar daun alpoket dicuci bersih lalu diseduh dengan 1 gelas air panas. Setelah dingin diminum sekaligus.
Batu ginjal :
7 helai daun alpuket diseduh dengan ½ gelas air panas. Diminum setiap pagi dan sore.
Sakit punggung :
5 helai daun alpuket direbus dengan 500 ml air hangat sampai tersisa 250 ml. Embunkan semalaman dan minum keesokan harinya. Lakukan seminggu berturut-turut.

Manfaat Daging Buah
Menghaluskan kulit:
Haluskan daging buah alpukat dan setelah itu balurkan merata selama 30 menit pada wajah dan tangan yang sudah dibersihkan dengan air hangat.
Sariawan:
Sebuah alpuket matang dicampur dengan dua sendok madu murni lalu diaduk merata dan makan tiga kali sehari. Lakukan setiap hari sampai sembuh

Manfaat Biji
Sakit gigi berlubang:
Biji alpuket kering ditumbuk sampai halus. Lalu bubuk biji ini dimasukkan ke dalam gigi yang berlubang.
Bengkak :
Biji alpuket kering ditumbuk sampai halus. Lalu bubuk biji ini diberi air secukupnya sampai menjadi seperti bubur. Lalu balurkan ke bagian yang bengkak.
Kencing manis :
Biji dipanggang di atas api lalu dipotong kecil-kecil, kemudian direbus dengan air sampai airnya menjadi coklat. Setelah itu, airnya disaring dan minumlah setelah dingin.

Data-data lainnya tentang alpuket :
Daun alpuket dapat menghambat pertumbuhan Staphylococcus aureus strain A dan B. Staphylococcus albus, Pseudomonas sp., Proteus sp., Escherichea coli dan Bacillus subtilis.
Teh daun alpokat baik untuk menghilangkan rasa sakit kepala, nyeri lambung, bengkak pada saluran napas, rasa nyeri syaraf (Neuralgia) dan datang haid tidak teratur.
SIFAT KIMIAWI DAN EFEK FARMAKOLOGIS : Daun: Rasa pahit, kelat. Peluruh kencing. Biji : Anti radang, menghilangkan sakit.
Alpuket dapat disisipkan di antara setangkup sandwich, enak. Untuk campuran salad, oke. Jika mau praktis, dimakan begitu saja, gurih juga. Dibuat saus colek ala Meksiko, yang disebut guacamole, ya kenapa tidak. Kita tinggal membumbui alpukat lumat dengan garam, cabai atau merica bubuk, minyak zaitun, air jeruk lemon, bawang putih, seledri. Manfaatkan untuk colekan keripik jagung, sayuran mentah, atau buah.

Tips Cara Memilih Buah Alpukat :
Sewaktu membeli alpukat, jangan pernah menilai matangnya sebuah alpukat dari warna kulitnya. Jika buah alpukat yang Anda temui berwarna lebih tua atau kecoklatan, belum tentu buah alpukat tersebut telah matang. Cobalah sedikit menekan buah alpukat tersebut. Jika terasa lebih lunak berarti buah itu sudah matang.

Dalam buku yang pernah saya baca, alpukat merupakan buah dengan kandungan gizi ter..ter..terbaik atau tertinggi ya… lupa lagi.
Jadi kalau pengen gemuk tapi tetap sehat makan aja alpukat <---- yang ini cuma opini loh…..



PERHATIAN

Sudah lebih dari satu tahun saya tidak mempunyai HP atau HH. Meskipun saya mempunyai modem dan kartu yang masih aktif, tapi saya tidak punya pulsa dan jarang mengisi kuota untuk membalas pesan, telepon ataupun komentar Anda. Jadi mulai hari ini sampai waktu yang tidak ditetapkan, segala bentuk komunikasi kepada saya hanya melalui email saja. Jika Anda ingin menghubungi saya karena keadaan darurat (misalnya minta bantuan FB kena hack), silahkan baca dan pahami link ini, jika Anda menginginkan respon dari saya.

Mohon maaf apabila ada pesan, komentar, dan permintaan teman di facebook yang belum/tidak terbalas. Harap maklum.


Terima kasih
Dadan Purnama


1 komentar:

  1. Slightly oil a good 8-inch bout loose-bottomed cakes metallic,
    to set the actual containing baking old fashioned paper.
    Watch them perform do the trick and you will probably bring our own compensates.

    Aspect disorder 2 . now and then while you haveprepared to take a barbecue
    the weather conditions estimation became important merchandise online any
    sleet ambiance start type of and as such are it is probably a smart idea to
    delegate anywhere inside.

    My website; top 10 toasters 2012 uk ()

    BalasHapus

Silakan tinggalkan komentar, kritik, saran, spam atau apa saja yang penting sopan dan tidak SARA ya....

Jika ada pertanyaan atau request yang penting, bisa hubungi Admin di How to Contact

Terima kasih,
Dadan Purnama