Minggu, 06 Desember 2009

Mengubah Webcam Menjadi Kamera Inframerah

     Kamera untuk memantau ruangan dalam kondisi gelap memang tersedia, tetapi harganya cukup mahal. Dengan tips berikut, Anda dapat membuatnya sendiri dengan biaya yang jauh lebih murah.
Pencuri biasanya masuk ke rumah pada malam hari di saat mata kita atau kamera tidak dapat menangkap objek lagi. Namun, bila hari sudah gelap, kamera inframerah tetap dapat melakukan pemantauan. Sinar infra-merah yang tidak terlihat oleh mata telanjang membuat kamera mampu menangkap objek dalam kegelapan. Tikus dan serangga malam pun dapat terdeteksi. Hanya saja, kamera seperti ini sangat mahal harganya.
     Sebenarnya, teknologi kamera inframerah tidak terlalu rumit. Setiap webcam dapat dijadikan sebagai pemburu dalam kegelapan dengan melakukan sedikit modifikasi. Di sini, kita akan menggunakan sebuah "Webcam USB" murah seharga kurang dari 100 ribu rupiah, infrared array (deretan LED inframerah) seharga 200 ribuan, negatif film yang sudah over-exposured, dan sedikit keterampilan. Kamera in fra merah ini dapat memantau ruangan dalam jarak sampai 5 meter. Jangkauannya dapat lebih jauh bila inframerahnya lebih kuat. Software-nya dapat menggunakan program bawaan webcam atau third party lainnya.
Lets we go !






















Nah jadi deh…

0 komentar :

Posting Komentar

Silakan tinggalkan komentar, kritik, saran atau apa saja yang penting sopan dan tidak SARA ya....

Jika ada pertanyaan atau request yang penting, bisa hubungi Admin di How to Contact

Terima kasih,
Dadan Purnama